Tak Hanya Menjadi Mood Booster, Cokelat Juga Meningkatkan Daya Ingat

By Ratu Haiu Dianee, Senin, 14 Februari 2022 | 09:00 WIB
Beragam jenis cokelat. (AND-ONE/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Sangat menjengkelkan bukan, jika kita selalu lupa dengan hal-hal kecil? Seperti lupa saat di mana kita menaruh kunci, lupa sarapan, lupa dengan kata-kata yang akan diucapkan saat berbincang, bahkan lupa hari!

Setiap manusia memiliki kemampuan mengingat yang sangat bervariasi, kemampuan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti fisiologis, psikologis, dan patologis atau usia, jenis makanan yang dikonsumsi, olahraga, kemampuan konsentrasi, dan banyaknya melatih mengulang ingatan.

Namun, tak hanya orang tua saja yang sering mengalami ‘kelupaan’, anak muda saja juga sering mengalami ‘kelupaan’ seperti lupa membawa buku PR di sekolah. Tentunya, hal ini merupakan kesulitan bagi semua manusia tanpa pandang usia dan sangat mengganggu kehidupan kita di kedepannya.

Tak hanya enak dan mood booster saat stress, ternyata jika kita mengonsumsi cokelat entah itu cokelat batangan valentine dari pasangan, kue, atau minuman cokelat dapat membantu meningkatkan daya ingat kita.

Seperti yang tertulis pada jurnal ‘Pengaruh Cokelat Terhadap Daya Ingat Jangka Pendek pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNJANI dengan Inteligenz Struktur Test’ bahwa dengan mengonsumsi minuman cokelat, dapat mempengaruhi tingkat daya ingat jangka pendek manusia. Hal ini dikarenakan cokelat yang memiliki kandungan flavanol, kafein, dan theobromine.

Minuman cokelat, salah satu minuman yang banyak digemari. (Lilechka75/Getty Images/iStockphoto)

“Flavanol sendiri dalam penelitian ini dapat membuat konsentrasi menjadi lebih baik dan mengakibatkan peningkatan kemampuan penjalaran sinaptik dari satu neuron ke neuron berikutnya, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan daya ingat. Flavanol dapat memperbaiki sejumlah parameter yang mencerminkan peningkatan darah perifer dan sentral mengalir dari hipokampus kemudian akan menstabilkan kehadiran sinaps baru yang dapat mempengaruhi kemampuan mengingat seseorang menjadi lebih baik,” jelas Muhammad Rama Aditya dan timnya pada jurnal yang terbit di UNJANI.

Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh University Tubigen German. Mereka mengungkapkan bahwa 575 miligram flavanol pada cokelat hitam berpengaruh dalam peningkatkan aliran darah otak dan aktivasi otak untuk ketajaman pikiran serta menguatkan daya ingat jangka pendek seseorang.

Selain flavanol, kandungan kafein pada cokelat juga berfungsi sebagai stimulus ringan dari berbagai sistem organ seperti sistem saraf pusat, kardiovaskule, respirasi, dan ginjal. Kandungan kafein pada cokelat jika kita konsumsi akan membantu bertambahnya suplai oksigen dari sistem pernafasan dan aliran darah ke otak, sehingga otak dapat bekerja lebih cepat.

“Dapat diteliti lebih lanjut, pengaruh minuman cokelat terhadap peningkatan daya ingat jangka pendek dengan menggunakan waktu yang konsisten (pagi, siang, dan malam). Cokelat juga mengandung beberapa efek toksik sehingga diharapkan konsumsinya tidak melebihi dari delapan gelas cangkir per hari (300 mg kafein),” tulis Muhammad pada jurnalnya.

Baca Juga: Konsumsi Cokelat Hitam 85 Persen Dapat Meningkatkan Suasana Hati