Peneliti Temukan Adanya Kaitan Antara Uban dengan Sistem Imun

By Citra Anastasia, Sabtu, 5 Mei 2018 | 12:00 WIB
Para peneliti di UAB dan NIH melaporkan bahwa hilangnya pigmentasi rambut, atau uban, terkait dengan aktivasi kekebalan bawaan pada tikus. (Darryl Leja, NHGRI; Melissa Harris, UAB CC-BY)

Berdasarkan jurnal PLOS Biology yang di terbitkan pada 3 Mei, para peneliti di National Institutes of Health dan University of Alabama Birmingham telah menemukan hubungan antara gen yang berkontribusi terhadap warna rambut dan gen yang memberitahu tubuh kita tentang infeksi patogen.

Ketika sebuah tubuh diserang oleh virus atau bakteri, sistem kekebalan tubuh bawaan mulai bekerja. Semua sel memiliki kemampuan untuk mendeteksi penyerbu asing dan mereka merespon dengan memproduksi molekul pemberi sinyal yang disebut interferon.

Interferon kemudian memberi sinyal ke sel lain untuk mengambil tindakan dengan mengaktifkan ekspresi gen yang menghambat replikasi virus, mengaktifkan sel efektor imun, dan meningkatkan pertahanan host.

Baca juga: Peneliti: Stres Benar-benar Bisa Membuat Rambut Kita Beruban

Hubungan antara pigmentasi rambut dan regulasi imun bawaan awalnya agak mengejutkan. Melissa Harris, penulis utama dan asisten profesor dalam Departemen Biologi di UAB menjelaskan, "Alat genomik memungkinkan kita untuk menilai bagaimana semua gen dalam genom kita mengubah ekspresi mereka dalam kondisi yang berbeda, dan kadang-kadang mereka berubah dengan cara yang tidak kami antisipasi.

Kami tertarik pada gen yang mempengaruhi bagaimana sel induk kami dipertahankan dari waktu ke waktu. Kami suka mempelajari uban karena itu mudah dibaca dari disfungsi sel induk melanosit." Sel induk melanosit sangat penting untuk warna rambut karena mereka menghasilkan melanosit yang bertanggung jawab untuk membuat dan menyimpan pigmen ke dalam batang rambut.

Dalam hal ini, sebuah tautan tak terduga ditemukan antara rambut beruban, faktor transkripsi MITF, dan kekebalan bawaan.

Baca juga: Studi Baru: Stimulan Penumbuh Rambut Dapat Tingkatkan aliran Darah

MITF terkenal karena perannya dalam mengatur banyak fungsi dalam melanosit. Tetapi para peneliti menemukan bahwa MITF juga berfungsi untuk menjaga respon interferon melanosit di cek.

Jika kontrol MITF terhadap respon interferon hilang dalam sel induk melanosit, maka akan menghasilkan rambut yang beruban. Selanjutnya, jika sinyal imun bawaan diaktifkan secara artifisial pada tikus yang memiliki kecenderungan untuk mendapatkan uban, peningkatan jumlah rambut abu-abu juga dihasilkan.

Penemuan baru ini menunjukkan bahwa gen yang mengontrol pigmen pada rambut dan kulit juga bekerja untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh bawaan," kata William Pavan, rekan penulis studi dan kepala Cabang Penelitian Penyakit Genetik di National Human Genome Research Institute NIH (NHGRI).

Baca juga: Ilmuwan Cari Cara untuk Mencegah Rambut Gosong Akibat Alat Catok

Hasil ini dapat meningkatkan pemahaman kita tentang rambut beruban. Lebih penting lagi untuk menemukan hubungan ini akan membantu kita memahami penyakit pigmentasi dengan keterlibatan sistem kekebalan tubuh bawaan seperti vitiligo. Vitiligo, yang menyebabkan bercak kulit yang berubah warna, mempengaruhi antara 0,5 persen hingga 1 persen dari semua manusia. Mengapa tikus yang cenderung untuk mendapatkan uban lebih rentan terhadap sinyal imun bawaan yang tidak diatur tetap harus dijawab.

Para peneliti berspekulasi bahwa mungkin ini dapat menjelaskan mengapa beberapa orang mengalami rambut beruban dini pada usia dini, dan mereka akan melanjutkan studi mereka untuk menjawab pertanyaan ini.