Merpati, Bolehkah Diberi Pakan Roti dan Bolehkah Telurnya Dimakan?

By Utomo Priyambodo, Kamis, 28 April 2022 | 09:00 WIB
Seorang peternak bergurau dengan sepasang merpati di tepi Kali Angke, Pekojan, Jakarta Barat. Merpati batu atau merpati karang adalah burung peliharaan tertua di dunia. Mereka disebutkan dalam hieroglif Mesir. (Yunaidi/National Geographic Traveler)

Nationalgeographic.co.id—Merpati batu atau merpati karang adalah burung peliharaan tertua di dunia. Mereka disebutkan dalam hieroglif Mesir.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa domestikasi burung merpati batu mungkin terjadi hampir 10.000 tahun yang lalu. Burung-burung itu telah digunakan dalam berbagai keadaan seperti pembawa pos, hewan suci, hewan peliharaan, dan makanan.

Yang paling terkenal, merpati digunakan selama perang sebagai pembawa pesan. Mereka membawa banyak pesan penting yang membantu menyelamatkan banyak nyawa manusia, dengan beberapa hewan bahkan dianugerahi medali untuk jasa mereka.

Mereka juga digunakan dalam proyek pelatihan seperti Project Pigeon, program sukses yang dipimpin oleh B.F. Skinner, psikolog Amerika Serikat. Proyek ini mencoba dan melatih tiga burung untuk menjadi pilot. Namun, proyek ini akhirnya ditinggalkan dan merpati tidak pernah digunakan dalam perang.

Merpati Kota

Merpati kota bersarang di rongga gedung-gedung yang tinggi. Jika Anda dapat menemukan sarang itu dan mengintip ke dalamnya, Anda mungkin cukup beruntung untuk menemukan bayi merpati. Jangka waktu merpati muda di dalam sarang sangat singkat, yakni 25 hingga 32 hari setelah menetas.

Merpati yang dipelihara oleh penghobi sering ditempatkan di loteng atau di kandang yang dibuat khusus di taman, gudang, atau halaman belakang. Adapun merpati yang dibiakkan untuk daging mungkin berada di lingkungan industri yang lebih besar, mirip dengan ayam.

Merpati muda disebut-sebut sebagai squab (burung dara muda) di dunia kuliner. Mereka biasanya berusia 4 minggu, beratnya sekitar 340-397 gram, dan seringkali terlalu muda untuk terbang.

Di kawasan Kota Tua Damaskus, Suriah anak laki-laki iseng mengejar merpati yang berkerumun di alun-alun. (Yunaidi Joepoet)

Merpati kota adalah omnivora dan akan memakan tumbuhan dan daging, dan mereka tersebar luas sehingga komposisi makanannya bergantung pada lokasi. Biasanya, makanan mereka adalah bahan nabati, dengan sesekali cacing tanah, serangga, dan siput. Namun, di lokasi kota, mereka diketahui memakan sisa makanan yang berserakan. Merpati memiliki makanan yang begitu luas karena tubuh mereka beradaptasi dengan sangat baik.

Bayi merpati diberi susu merpati. Ini adalah zat regurgitasi semi padat yang disediakan oleh induk mereka. Mereka biasanya memakan ini dalam beberapa hari pertama sebelum mereka disapih ke biji-bijian dan makanan lainnya.

Banyak penduduk kota yang kerap memberikan roti kepada merpati. Apakah itu baik? Merpati bisa makan roti, tetapi itu tidak boleh menjadi bagian dari keseluruhan makanan mereka.