Udang dan Cacing: Hewan Pertama yang Pulih Setelah Kepunahan Massal

By Wawan Setiawan, Senin, 4 Juli 2022 | 11:00 WIB
Para peneliti mengatakan bahwa pengumpan deposit seperti udang - makhluk yang memakan bahan organik yang menetap di dasar laut - adalah yang pertama bangkit kembali dalam hal jumlah populasi dan keanekaragaman hayati. (Imaginechina/REX/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti yang mempelajari liang dan jejak dasar laut purba telah menemukan bahwa hewan penggali dasar merupakan salah satu yang pertama bangkit kembali setelah kepunahan massal akhir era Permian.

Dalam sebuah studi baru, yang diterbitkan di jurnal Science Advances pada 29 Juni berjudul Resilience of infaunal ecosystems during the Early Triassic greenhouse Earth, para peneliti dari Cina, Amerika Serikat dan Inggris, mengungkapkan bagaimana kehidupan di laut pulih dari peristiwa tersebut. Sebuah peristiwa sejarah yang telah menewaskan lebih dari 90 persen spesies di Bumi, dari pengamatan mereka terhadap jejak fosil yang ditemukan.

Kehidupan hancur oleh kepunahan massal akhir Permian 252 juta tahun yang lalu, dan pemulihan kehidupan di Bumi membutuhkan jutaan tahun bagi keanekaragaman hayati untuk kembali ke tingkat sebelum kepunahan. Tetapi dengan memeriksa jejak dan liang di dasar laut Cina Selatan, tim internasional dapat mengumpulkan kebangkitan kehidupan laut dengan menunjukkan dengan tepat kapan dan aktivitas hewan apa yang terjadi.

"Kepunahan massal akhir Permian dan pemulihan kehidupan di Trias Awal didokumentasikan dengan sangat baik di seluruh Cina Selatan,” kata Profesor Michael Benton dari University of Bristol's School of Earth Sciences, kolaborator di studi baru tersebut.

"Kami dapat melihat jejak fosil dari 26 bagian melalui seluruh rangkaian peristiwa, mewakili tujuh juta tahun waktu penting, dan menunjukkan detail pada 400 titik pengambilan sampel, kami akhirnya merekonstruksi tahap pemulihan semua hewan termasuk benthos, nekton, serta hewan penggali bertubuh lunak ini di laut," tuturnya.

Udang dan cacing adalah salah satu hewan pertama yang pulih setelah peristiwa kepunahan massal 'Kematian Besar' yang hampir melenyapkan kehidupan di Bumi 252 juta tahun lalu, menurut sebuah penelitian. Grafik ini menunjukkan bagaimana lautan terlihat sebelum (A) dan setelah kepunahan (B-F). (Yaqi Jiang)

"Jejak fosil seperti jejak dan liang mendokumentasikan sebagian besar hewan bertubuh lunak di laut. Sebagian besar hewan bertubuh lunak ini tidak memiliki atau kerangka yang buruk,” jelas Dr Xueqian Feng dari China University of Geosciences di Wuhan. "Ada beberapa daerah yang menakjubkan di Cina Selatan di mana kami menemukan sejumlah besar fosil jejak yang diawetkan dengan indah, dan detailnya dapat menunjukkan perilaku rekayasa ekosistem yang tidak wajar, serta efek umpan balik mereka pada keanekaragaman hayati hewan yang dikerangkakan."

"Fosil jejak menunjukkan kepada kita kapan dan di mana hewan bertubuh lunak dan menggali tumbuh subur di dunia rumah kaca Trias Awal ini,” kata Profesor Zhong-Qiang Chen, direktur studi tersebut. "Misalnya, suhu yang meningkat dan anoksia yang diperpanjang bertepatan dengan nilai keragaman perilaku dan ekologi yang rendah di seluruh batas Permian-Triassic, dan butuh sekitar tiga juta tahun untuk pemulihan ekologis hewan bertubuh lunak agar sesuai dengan tingkat pra-kepunahan."

Profesor David Bottjer, seorang kolaborator dalam studi dari University of Southern California, juga turut menambahkan, "Salah satu aspek yang paling luar biasa dari data Cina Selatan adalah luasnya lingkungan kuno yang bisa kita ambil sampel. Respons yang berbeda dari ekosistem infaunal terhadap variabel kontrol lingkungan mungkin telah memainkan peran yang signifikan tetapi sampai saat ini kurang dihargai secara evolusioner dan ekologis dalam pemulihan di lautan Trias Awal yang panas."

"Awalnya, hanya ada beberapa yang selamat, dan pemulihan dimulai di perairan yang lebih dalam. Pemulihan nekton terjadi pada saat yang sama dengan rebound penuh dari kegiatan rekayasa ekosistem infaunal," kata Chunmei Su, kolaborator lain.

"Hewan pertama yang pulih adalah pengumpan deposit seperti cacing dan udang. Pemulihan pengumpan suspensi seperti brakiopoda, bryozoa, dan banyak bivalvia membutuhkan waktu lebih lama,” ungkap Alison Cribb, dari University of Southern California. "Mungkin pengumpan deposit membuat dasar laut berantakan sehingga airnya tercemar lumpur, lumpur yang bergejolak berarti pengumpan suspensi tidak bisa mengendap dengan baik di dasar laut, atau air berlumpur yang dihasilkan oleh pengumpan deposit itu hanya menyumbat struktur penyaringan pengumpan suspensi dan melarang mereka memberi makan secara efisien."

Data fosil jejak yang mereka temukan telah mengungkapkan ketahanan hewan bertubuh lunak terhadap CO2 tinggi dan pemanasan. Para insinyur ekosistem ini mungkin telah memainkan peran dalam pemulihan ekosistem setelah kepunahan massal yang parah, memicu inovasi evolusioner dan radiasi di Trias Awal.