Ilmuwan Ciptakan Teknik Baru Memerangi Krisis Iklim Berbasis Bakteri

By Wawan Setiawan, Senin, 8 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Lembar fotokatalis yang mengandung partikel dan bakteri penyerap cahaya. (Shafeer Kalathil, Northumbria University)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan telah menciptakan teknologi baru yang dapat membantu mengatasi perubahan iklim. Dr Shafeer Kalathil dari Northumbria University adalah salah satu tim akademisi di balik proyek tersebut. Mereka menggunakan proses kimia yang mengubah sinar matahari, air, dan karbon dioksida menjadi asetat. Juga oksigen untuk menghasilkan bahan bakar dan bahan kimia bernilai tinggi yang ditenagai oleh energi terbarukan.

Sebagai bagian dari proses, bakteri ditumbuhkan pada perangkat semikonduktor sintetis yang dikenal sebagai lembar fotokatalis. Ini berarti bahwa konversi dapat berlangsung tanpa bantuan aditif organik, pembuatan racun, atau penggunaan listrik.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengurangi kenaikan tingkat CO2 di atmosfer. Mengamankan pasokan energi hijau yang sangat dibutuhkan dan mengurangi ketergantungan global pada bahan bakar fosil. Sebuah makalah yang merinci temuan penelitian tim ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature Catalysis pada 22 Juli 2022. Makalah itu diberi judul Bacteria–photocatalyst sheet for sustainable carbon dioxide utilization.

Dr Kalathil, Rekan Senior Wakil Rektor, mengerjakan proyek ini bersama Erwin Reisner, Profesor Energi dan Keberlanjutan di Universitas Cambridge. Juga bekerja sama dengan DrQian Wang, profesor di Universitas Nagoya di Jepang, dan mitra dari Universitas Newcastle.

"Beberapa insiden telah menunjukkan kerapuhan pasokan energi global, seperti kenaikan harga gas baru-baru ini di Inggris, pecahnya konflik dan perang saudara di Timur Tengah dan ancaman ekologi juga kemanusiaan dari krisis nuklir di Fukushima, Jepang,” kata Kalathil ”Pencarian sumber energi alternatif oleh karena itu sangat penting secara global.”

“Penelitian kami secara langsung membahas krisis energi global dan perubahan iklim yang dihadapi masyarakat saat ini. Kami perlu mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi tantangan besar ini tanpa semakin mencemari planet tempat kita tinggal,” imbuhnya.

Diagram skematis yang menunjukkan bahwa lembar fotokatalis yang dimodifikasi bakteri yang digerakkan oleh sinar matahari menyediakan asetat untuk sistem elektrokimia biohibrid untuk menghasilkan arus dan menutup siklus karbon. (Shafeer Kalathil, Northumbria University)

Telah terjadi peningkatan pembangkit listrik dari sumber terbarukan seperti angin dan matahari, tetapi ini bersifat intermiten. Untuk mengisi celah saat angin tidak bertiup atau matahari tidak bersinar, kita membutuhkan teknologi lain. Di mana dapat menciptakan bahan bakar yang bisa disimpan dan bahan kimia yang berkelanjutan. Penelitian kami menjawab tantangan ini secara langsung, katanya.

"Selain mengamankan pasokan energi tambahan yang sangat dibutuhkan, teknologi berkelanjutan kami dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan memainkan peran kunci dalam dorongan global untuk mencapai nol bersih." tutur Kalathil.

Proyek ini didukung oleh dana dari European Research Council, UK Research and Innovation, dan Research England's Expanding Excellence in England Fund. Mereka yang mendukung unit dan departemen penelitian pendidikan tinggi untuk memperluas dan meningkatkan aktivitas mereka. Hibah Research England diperoleh melalui Hub for Biotechnology in the Built Environment (HBBE), sebuah inisiatif bersama antara Northumbria dan Universitas Newcastle.

Diluncurkan pada Agustus 2019, HBBE mengembangkan bioteknologi untuk menciptakan bangunan ramah lingkungan. Itu dapat memetabolisme limbah, mengurangi polusi, menghasilkan energi berkelanjutan, dan meningkatkan kesehatan juga kesejahteraan manusia.

Dr Kalathil, yang sangat terlibat dengan HBBE, mengatakan: "Tujuan HBBE sesuai dengan apa yang kami coba capai dengan penelitian kami - untuk mengatasi masalah lingkungan utama yang dihadapi masyarakat kita saat ini dan di masa depan. Bidang yang sedang berkembang ini penelitian merupakan pendekatan interdisipliner. Dengan penggabungan kekuatan mikroba, bahan sintetis, dan teknik analitik untuk transformasi kimia. Menyediakan platform yang sangat baik untuk menghasilkan bahan bakar dan bahan kimia yang bernilai tinggi dan ramah lingkungan dalam skala besar. Kami sudah berdiskusi dengan bahan kimia internasional produsen dan produsen kosmetik. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan teknologi kami dalam skala komersial."