Bisa Tidur Teratur Berisiko Rendah Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

By Wawan Setiawan, Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Tidur malam yang buruk meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke yang berpotensi fatal. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Sembilan dari sepuluh orang tidak mendapatkan tidur malam yang baik, menurut penelitian yang dipresentasikan di ESC Congress 2022. Studi ini menemukan bahwa tidur suboptimal dikaitkan dengan kemungkinan penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi. Para penulis memperkirakan bahwa tujuh dari sepuluh kondisi kardiovaskular ini dapat dicegah jika setiap orang bisa tidur nyenyak.

"Prevalensi yang rendah dari orang yang tidur nyenyak diperkirakan karena kesibukan kita, kehidupan 24/7," kata penulis studi Dr. Aboubakari Nambiema dari INSERM (Institut Kesehatan dan Penelitian Medis Nasional Prancis), Paris, Prancis. "Pentingnya kualitas dan kuantitas tidur untuk kesehatan jantung harus diajarkan sejak dini ketika perilaku sehat telah terbentuk. Meminimalkan kebisingan di malam hari dan stres di tempat kerja dapat membantu meningkatkan kualitas tidur."

Studi sebelumnya tentang tidur dan penyakit jantung umumnya berfokus pada satu kebiasaan tidur, seperti durasi tidur atau sleep apnea. Di mana pernapasan berhenti dan dimulai saat tidur. Selain itu, penelitian sebelumnya sering menilai tidur hanya pada awal saja.

Studi saat ini menggunakan skor tidur sehat yang menggabungkan lima kebiasaan tidur. Para peneliti menyelidiki hubungan antara skor tidur dasar, dan perubahan skor tidur dari waktu ke waktu, serta insiden penyakit kardiovaskular.

Penelitian ini melibatkan 7.200 peserta Paris Prospective Study III (PPP3), sebuah kohort prospektif berbasis komunitas observasional. Pria dan wanita berusia 50 hingga 75 tahun dan bebas penyakit kardiovaskular direkrut di pusat medis pencegahan antara 2008 dan 2011. Usia rata-rata adalah 59,7 tahun dan 62% adalah pria. Peserta menjalani pemeriksaan fisik dan mengisi kuesioner tentang gaya hidup, riwayat kesehatan pribadi dan keluarga, juga kondisi medis.

Tidur cukup dan berkualitas memiliki banyak dampak positif. (Eight Sleep / Emily Bertha)

Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang lima kebiasaan tidur pada awal dan dua kunjungan tindak lanjut. Masing-masing faktor diberi 1 poin jika optimal dan 0 jika tidak. Skor tidur sehat mulai dari 0 hingga 5 dihitung. Dengan 0 atau 1 dianggap buruk dan 5 dianggap optimal. Mereka yang memiliki skor optimal dilaporkan tidur 7 hingga 8 jam per malam. Tidak pernah atau jarang mengalami insomnia, tidak sering mengantuk di siang hari, tidak mengalami sleep apnea, dan kronotipe dini.

Para peneliti memeriksa insiden penyakit jantung koroner dan stroke setiap dua tahun selama total 10 tahun. Pada awal, 10% peserta memiliki skor tidur yang optimal dan 8% memiliki skor yang buruk. Selama rata-rata tindak lanjut delapan tahun, 274 peserta mengembangkan penyakit jantung koroner atau stroke.

Para peneliti menganalisis hubungan antara skor tidur dan kejadian kardiovaskular setelah disesuaikan untuk usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, pekerjaan, merokok, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, tingkat kolesterol, diabetes, dan riwayat keluarga serangan jantung, stroke atau kematian jantung mendadak. Mereka menemukan bahwa risiko penyakit jantung koroner dan stroke menurun sebesar 22% untuk setiap kenaikan 1 poin dalam skor tidur pada awal. Lebih khusus lagi, dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor 0 atau 1, peserta dengan skor 5 memiliki risiko penyakit jantung atau stroke 75% lebih rendah.

Para peneliti memperkirakan proporsi kejadian kardiovaskular yang dapat dicegah dengan tidur yang lebih sehat. Mereka menemukan bahwa jika semua peserta memiliki skor tidur yang optimal, 72% kasus baru penyakit jantung koroner dan stroke dapat dihindari setiap tahunnya.

Lebih dari dua tindak lanjut, hampir setengah dari peserta (48%) mengubah skor tidur mereka. Hasilnya 25% menurun sedangkan 23% meningkat. Ketika para peneliti memeriksa hubungan antara perubahan skor dan kejadian kardiovaskular, mereka menemukan bahwa kenaikan 1 poin dari waktu ke waktu dikaitkan dengan penurunan 7% dalam risiko penyakit jantung koroner atau stroke.

"Penelitian kami menggambarkan potensi tidur nyenyak untuk menjaga kesehatan jantung dan menunjukkan bahwa memperbaiki tidur dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner dan stroke yang lebih rendah.” Kata Dr. Nambiema. “Kami juga menemukan bahwa sebagian besar orang mengalami kesulitan tidur. Mengingat bahwa penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Maka kesadaran yang lebih besar diperlukan tentang pentingnya tidur yang baik untuk menjaga kesehatan jantung."