Sederet Capaian INDOFEST 2022, Pesta Pencinta Aktivitas Luar Ruang di Indonesia

By Mahandis Yoanata Thamrin, Selasa, 6 September 2022 | 16:17 WIB
Salah satu sudut INDOFEST, ajang bertemunya pegiat, komunitas, dan penyedia produk aktivitas luar ruang terbesar se-Asia Tenggara. (INDOFEST 2022)

Nationalgeographic.co.id—Puluhan ribu pengunjung asal Jakarta hingga luar Pulau Jawa bahkan dari negeri tetangga mendatangi acara INDOFEST 2022 yang berlokasi di Hall B Jakarta Convention Center, DKI Jakarta. Perhelatan ini sukses digelar sejak 1 September hingga 4 September silam juga berhasil mengobati rindu antusiasme para pencinta aktivitas luar ruang.

Chief Executive Officer COS Event, Disyon Toba dalam keterangannya di Jakarta, menjelaskan antusiasme pengunjung sudah diprediksi bakal ramai karena selama dua tahun ini, ditunda lantaran pandemi COVID-19.

“Kita sangat puas, ini menjadi bahan bakar lagi buat kami lantaran dua tahun ini INDOFEST tidak digelar. Artinya bahwa aktivitas luar ruang ini masih mendapat perhatian dan juga tempat dihati masyarakat Indonesia sendiri dengan sambutan yang sangat meriah. Sehingga kami tetap bersemangat untuk membuat lagi yang lebih baik di tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana INDOFEST 2022, Eva Fitri Yeni menambahkan, sejak hari pertama hingga hari keempat total 44.951 pengunjung hadir di event ‘Lebarannya Anak Outdoor’ ini. Namun, lanjut Disyon, pekerjaan belum selesai, pihaknya berjanji akan mengevaluasi agar gelaran INDOFEST tahun depan semakin baik dengan menghadirkan keseruan dan pengalaman baru lainnya.

“Yang perlu dievaluasi, adalah terkait luas venue pameran yang harus diperluas lagi, lantaran antusiasme pengunjung yang datang cukup membuat Hall B Padat meskipun masih dalam keadaan PPKM level 1,” ujarnya.

Eva Fitri Yeni juga berjanji akan memberikan pengalaman dan aktivitas menarik lainnya di INDOFEST mendatang, sehingga pengunjung mendapat pengalaman yang lebih bukan hanya sekedar berbelanja.

“Pengalaman-pengalaman apa yang mesti kita hadirkan kedepan, tren apa yang sedang berlangsung saat itu. Seperti tahun ini kita menghadirkan campervan Indonesia, karena setelah pandemi banyak yang melakukan aktivitas di luar ruangan salah satunya menggunakan mobil, ada yang dimodifikasi menjadi seperti Campervan. dan ini marak sekali setelah pandemi,” ujarnya.

Beberapa stan yang paling ramai diserbu oleh pengunjung, yaitu Consina, Eiger, hingga Deuter. Selain karena mereka memiliki berbagai produk yang bagus, mereka juga menawarkan diskon 50 hingga 70 persen.

Booth National Geographic Indonesia yang menggandeng kampanye #SayaPejalanBijak dan #SayaPilihBumi. (Silvia Triyanti Luis)

“Tahun sebelumnya produk paling diburu ransel Deuter, namun tahun ini semua both ramai baik booth besar dan booth kecil. Dan yang menarik adalah booth The North Face, tahun ini booth nya tidak pernah sepi. Kemudian ada booth peralatan mancing juga diburu seperti Duraking dan Daiwa juga diburu, itu terlihat INDOFEST bisa merangkul kawan-kawan dari komunitas mancing dan itu diserbu juga oleh pengunjung,” katanya.

Selanjutnya, Disyon berharap pihaknya dapat menggelar INDOFEST 2022 semakin besar, semakin banyak yang ikut berpartisipasi dan makin banyak masyarakat komunitas dan stakeholder aktivitas luar ruang yang datang dan semakin banyak kreativitas dan inovasi yang dikembangkan.

“Sehingga produk Indonesia dapat dikenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Serta semakin banyak lagi olahraga yang ikut berpartisipasi bukan hanya aktivitas luar ruang saja seperti sepeda, rafting, trekking dan lainnya,” ujarnya.