Sains Mengungkap Rahasia Teknik 'Shooting' Luar Biasa dalam Sepak Bola

By Wawan Setiawan, Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
Sains mengungkap rahasia untuk menghasilkan tembakan luar biasa dalam sepak bola. (Devdiscourse)

Nationalgeographic.co.id - Sepak bola, adalah olahraga paling populer di 57 negara. Para pemainnya termasuk di antara atlet dengan bayaran paling tinggi di dunia. Oleh karena itu, setiap tembakan ke gawang sangatlah berharga. Mengetahui cara menyesuaikan orientasi kaki dan ayunan saat menendang bola dapat membantu pemain memahami cara meningkatkan tembakan ke gawang, sehingga memberi mereka keunggulan kompetitif.

Dalam permainan sepak bola, permainan di bentuk dua tim, dengan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Pemain hanya diizinkan menggunakan bagian tubuh mereka kecuali tangan dan lengan mereka. Pemain harus mencoba untuk mengarahkan bola ke gawang tim lawan. Hanya penjaga gawang yang diizinkan untuk memegang bola dan hanya boleh melakukannya di dalam area penalti di sekitar gawang. Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sebagai pemenang.

Dari Inggris, ide permainan sepak bola pun menyebar ke Eropa dan melintasi Atlantik. Dua guru sekolah, August Hermann dan Konrad Koch, memperkenalkan permainan ini ke Jerman sekitar tahun 1874. Sementara itu, para imigran diperkirakan membawa permainan sepak bola ini ke Amerika Serikat. Asosiasi sepak bola pertama pun dibentuk di Inggris pada tahun 1863.

Kini, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part P: Journal of Sports Engineering and Technology, para peneliti di Universitas Tsukuba berfokus pada bagaimana kaki berinteraksi dengan bola. Sehingga hasilnya dapat mencapai lintasan bola yang diinginkan. Makalah penelitian tersebut diberi judul "Features of ball impact in straight, curve and knuckle kicks in soccer."

 Baca Juga: VAR dalam Sepak Bola Tidak Cukup Tepat untuk Membuat Keputusan Offside

 Baca Juga: Melihat Inovasi Teknologi: Stadion Sepak Bola Terapung di Atas Laut

 Baca Juga: Media Sosial bak Bisnis, Klub Asing Berlomba Rekrut Pemain Indonesia

"Titik tumbukan pada bola sangatlah penting. Untuk lintasan bola lurus, bidik dekat ke tengah, jika tidak, bidik di luar pusat—untuk lintasan bola melengkung, bidik lebih dekat ke sisi dekat bola, dan untuk knuckle ball, bidik lebih dekat ke sisi yang jauh," jelas penulis pertama Mr. Kimachi.

Namun, meskipun jarak titik tumbukan dari pusat gravitasi kaki memengaruhi rotasi bola untuk menghasilkan lintasan bola yang lurus, melengkung, atau tidak dapat diprediksi, itu adalah faktor yang menunjukkan sudut ayunan kaki ke arah bola. Inilah yang menentukan di mana (misal lokasi titik kontak) dan bagaimana (yaitu, sudut serang) kaki akan menendang bola.

Untuk mengontrol lintasan bola, seorang pemain sepak bola harus memahami bagaimana mengarahkan kaki dan di mana bola harus melakukan kontak dengan kaki. (alphaspirit.it/Shutterstock)

"Menggunakan teknologi penangkapan gerak 3D berkecepatan tinggi, kami mengonfirmasi bahwa korelasi antara sudut vektor ayunan dan rotasi bola yang dihasilkan adalah tinggi," penulis senior Profesor Nakayama menjelaskan. "Kami kemudian membuat karakterisasi interaksi foot-to-ball dalam tendangan lurus, melengkung, dan knuckle-ball."

Tim peneliti menemukan bahwa, untuk ketiga jenis tendangan, jari-jari kaki mengarah ke bawah dan kaki diputar ke luar. Namun, untuk lintasan melengkung dan bola buku jari, kaki ditekuk sedikit lebih sedikit untuk memungkinkan bagian dalam kaki melakukan kontak dengan bola. Selain itu, untuk lintasan melengkung, sudut ayun yang lebar memungkinkan lebih banyak bagian dalam untuk melakukan kontak dengan bola. Untuk lintasan lurus, bagian atas punggung kaki adalah area kaki yang bersentuhan dengan bola.

Kini, ketika melatih pemain dalam mengembangkan keterampilan menembak mereka, pelatih dapat menginstruksikan pemain tentang cara untuk mencapai hasil. Misalnya, "untuk tendangan melengkung, tendang dari sudut dalam yang lebar dan sudutkan kaki Anda sehingga tendangan Anda (kontak awal) yang mengarah pada bola adalah off-center".

Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan menembak dalam program pengembangan sepak bola dan kemungkinan dapat diperluas ke olahraga bola lainnya.