Dunia Hewan: Gurita Menyerang Menggunakan Lengan Kedua dari Tengah

By Wawan Setiawan, Jumat, 23 September 2022 | 11:00 WIB
Gurita bimaculoides, juga dikenal sebagai gurita two-spot California. Peneliti dunia hewan menggunakan gurita ini untuk mempelajari gerakan lengan-lengannya. (Judit Pungor)

Nationalgeographic.co.id - Ini adalah penelitian dunia hewan yang menarik. Seperti yang kita ketahui bahwa gurita itu terkenal memiliki delapan lengan. Ia memanfaatkan semua lengan-lengannya itu untuk bergerak, meluncur melalui air, serta untuk menangkap mangsanya.

Akan tetapi, tahukah Anda gerakan gurita ini terkadang terlihat sangat canggung. Bahkan sepertinya ia bergerak tanpa direncanakan. Sehingga tampak mirip alien daripada makhluk duniawi.

“Biasanya ketika Anda melihat gurita sebentar, tidak ada yang bisa diulang. Mereka menggeliat … dan hanya terlihat aneh dalam gerakan eksplorasi mereka,” kata Trevor Wardill, asisten profesor di College of Biological Sciences yang mempelajari gurita dan cumi lainnya.

Selain dikenal memiliki delapan lengan, dan kepala bulat, gurita juga memiliki beberapa fakta menyenangkan lainnya: Mereka memiliki tiga hati dan darah biru; mereka menyemprotkan tinta untuk mencegah pemangsa; dan tanpa tulang, mereka dapat masuk ke (atau keluar) ruang sempit. Mereka bahkan cukup cerdas dan telah diamati menggunakan alat.

Untuk sebuah studi baru yang hasilnya sudah diterbitkan di jurnal Current Biology pada 20 September, Wardill dan rekan-rekannya menyelidiki apakah gurita lebih menyukai lengan tertentu daripada yang lain saat berburu. Makalah penelitian tersebut diberi judul "Octopus bimaculoides’ arm recruitment and use during visually evoked prey capture."

Ilmuwan penasaran, apakah gurita hanya bisa menggunakan semua lengan-lengannya untuk berbagai hal? Ataukah ia memilih menggunakan lengan tertentu untuk melakukan hal tertentu. Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mereka menggunakan lengan mereka akan membantu upaya untuk mengembangkan robot lunak generasi mendatang yang sangat manipulatif.

Tim peneliti mempelajari gurita two-spot California (Octopus bimaculoides). Di mana gurita ini yang hidup selama sekitar dua tahun dan tumbuh seukuran bola tenis. Lengan gurita pun diberi nomor di setiap sisi tubuhnya, mulai dari tengah. Ini bertujuan untuk memberi ciri lengan mana yang sering kali digunakan, atau lengan mana yang digunakan untuk melakukan sesuatu.

Gurita two-spot California berburu udang dalam percobaan dunia hewan. Ia menyerang dengan lengan kedua. (Wardill Lab, University of Minnesota)

Para peneliti menjatuhkan berbagai jenis mangsa, termasuk kepiting dan udang ke dalam tangki. Mereka kemudian merekam video saat gurita yang bersembunyi di "sarang" SpongeBob hias dengan satu mata menghadap ke luar, menerjang untuk mendapatkan camilan. Karena kepiting bergerak lambat sementara udang dapat mengibaskan ekornya untuk melarikan diri dengan cepat, maka setiap jenis mangsa berpotensi memerlukan taktik berburu yang berbeda.

 Baca Juga: Imuwan Mengembangkan Sarung Tangan yang Terinspirasi dari Gurita

 Baca Juga: Dunia Hewan: Gurita Ternyata Berbagi Gen Kecerdasan dengan Manusia

 Baca Juga: Peneliti Ungkap Sebab Gurita Betina Menghancurkan Diri Habis Bertelur