Menumbuhkan Kembali Hutan Hujan Bantu Batasi Perubahan Iklim

By National Geographic Indonesia, Jumat, 9 Desember 2022 | 15:00 WIB
Sungai Amazon di wilayah hutan hujan tropis Amazon. Menumbuhkan kembali hutan sama pentingnya dengan pelestarian hutan hujan demi mengurangi perubahan iklim. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan telah lama mengampanyekan pelestarian hutan hujan sebagai cara untuk mengurangi perubahan iklim, tetapi sekarang ternyata menumbuhkan kembali hutan adalah sama pentingnya.

Hutan tropis yang baru tumbuh dapat menangkap karbon berbahaya dari atmosfer pada tingkat hingga 11 kali lebih cepat dari hutan tua. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature. Studi ini mencakup peta Amerika Latin yang menunjukkan daerah dengan potensi terbesar untuk menangkap karbon.

"Ini adalah tentang mengurangi kehilangan karbon dengan mengurangi deforestasi, dan meningkatkan penyerapan karbon dengan memungkinkan hutan muda untuk tumbuh kembali," ungkap Dr. Lourens Poorter, profesor ekologi fungsional dari Wageningen University di Belanda dan penulis utama studi tersebut. "Ini adalah waktu untuk menghargai peran hutan sekunder untuk dapat bermain di lanskap modifikasi manusia yang sangat terfragmentasi."

Para peneliti memeriksa pemulihan biomassa hutan muda tropis sekunder, yang berusia kurang dari 100 tahun, dan membandingkannya dengan yang pertumbuhan hutan lama, yang setidaknya berusia beberapa ratus tahun. Mereka melihat 45 lokasi hutan dari berbagai usia di seluruh Amerika Tengah dan Selatan, dengan lebih dari 168.000 pohon.

Dr Saara J. DeWalt  mengungkapkan bahwa data ini memungkinkan para peneliti tidak hanya membangun peta, tetapi juga menganalisis berapa banyak hutan sekunder dapat mengambil karbon, yang ternyata lebih dari yang diharapkan. DeWalt merupakan seorang profesor ilmu biologi di Clemson University di Carolina Selatan, ia salah satu rekan penulis dalam penelitian ini.

Baca Juga: Perubahan Iklim Akibatkan Penyebaran Malaria Burung ke Kutub Utara

Baca Juga: Semakin Kaya Ragam Hayati, Ekosistem Semakin Tahan Perubahan Iklim

Baca Juga: Dampak Perubahan Iklim, Memburuknya Pasokan Pangan, Rasa dan Racun 

"Saya sangat terkejut dengan seberapa cepat serapan karbon hutan sekunder," kata DeWalt dilansir dari HuffPost. "Hutan muda menangkap lebih banyak, karbon karena pohon-pohon yang tumbuh aktif dan cepat mengubah karbon menjadi daun dan kayu. Pertumbuhan pohon di hutan tua jauh lebih lambat, karena ruang yang lebih terbatas, sinar matahari dan nutrisi."

Kemampuan hutan sekunder tumbuh dalam menangkap karbon terutama tergantung pada curah hujan. "Curah hujan datang sebagai faktor yang paling signifikan," kata Eben Broadbent, asisten profesor di University of departemen geografi Alabama, dalam sebuah pernyataan. "Itu benar-benar apa yang terjadi di sini ... hutan basah memiliki tingkat pemulihan lebih cepat, dan hutan kering biasanya memiliki tingkat pertumbuhan kembali yang sangat rendah."

Para peneliti mengatakan temuan mereka memberikan dukungan untuk kebijakan yang meminimalkan hilangnya hutan dan mempromosikan restorasi hutan. Hutan hujan adalah penyerap karbon terestrial terbesar di bumi. Deforestasi diperkirakan mencapai 20 persen dari seluruh emisi karbon, yang memainkan peran utama dalam perubahan iklim. Ini adalah temuan yang cukup besar, bahwa hutan dapat menyerap emisi tersebut. Maka, sudah seharusnya tidak diabaikan.