Termasuk Bangunan Pemicu Debat Soekarno-Hatta, Ini Tempat Bersejarah untuk Liburan Akhir Tahun

By Ade S, Rabu, 21 Desember 2022 | 08:00 WIB
Masjid Istiqlal, salah satu tempat bersejarah yang wajib Anda kunjungi. (BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)

Menjelang libur akhir tahun, apakah Anda sudah merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi?

Sekarang, coba cek kembali, apakah ada nama tempat bersejarah yang masuk ke dalam daftar tersebut?

Jika belum ada, maka tidak ada salahnya Anda kembali mengotak-atik daftar tersebut untuk kemudian memasukkan cagar budaya atau wisata bersejarah ke dalamnya.

Sebab, dilansir dari mykidsway.com, Selasa (20/12/2022), mengunjungi situs-situs bersejarah memiliki banyak manfaat.

Bagi Anda yang memiliki anak usia sekolah, maka berkunjung ke tempat bersejarah di Indonesia akan membantu mereka mengembangkan apa yang mereka pelajari di sekolah.

Baca Juga: Sebuah Perjalanan Wisata Sejarah untuk Membuktikan Keagungan Majapahit

Apalagi, liburan akhir tahun kali ini bisa jadi momentum bagi Anda yang selama dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 merasa waswas kala ingin mengunjungi tempat bersejarah, khususnya museum. 

Namun, kini, usai tingkat vaksinasi ketiga yang semakin merata, mengunjungi tempat-tempat bersejarah bukanlah sesuatu yang menakutkan.

Di Jakarta, Anda bisa mengunjungi Monas yang memerlukan dana puluhan miliar rupiah untuk merawatnya atau Masjid Istiqlal yang pernah membuat Bung Karno dan Bung Hatta berdebat.

Di Bandung, Anda bisa mengunjungi Gedung Sate yang ornamennya menggabungkan gaya Hindu dan Islam modern atau Tugu Titik Nol Kilometer yang menjadi saksi bisu lahirnya Kota Kembang.

Tempat bersejarah di kota-kota lain pun tak kalah menarik, seperti Pura Mangkunegaran yang baru saja menjadi lokasi resepsi pernikahan Kaesang Pangarep atau salah satu tempat wisata sejarah menarik di Jogja yang dikenal sebagai tempat para raja berekreasi.

Baca Juga: Warisan Dunia yang Terancam: Menara Berumur 800 Tahun di Afganistan