Ada Gunung Gede di Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Banyak Cara untuk Mencapainya

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 22 Desember 2022 | 13:00 WIB
Bentang alam Gunung Api Purba Ngelanggeran di Gunung Kidul, Yogyakarta. (ANGGARA WIKAN PRASETYA/KOMPAS.com)

Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu primadona pariwisata Jogja. Bagaimana tidak, gunung yang berada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, itu ternyata punya puncak yang bernama Gunung Gede.

Tentu ini berbeda dengan Gunung Gede yang ada di antara Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat sana. Dilansir Kompas.com, Gunung Api Purba Nglanggeran diperkirakan sudah berusia sekitar 60-70 juta tahun.

Karena tingginya yang lumayan, sekitar 700 mdpl gunung api purban ini juga menjadi salah satu lokasi pendakian favorit di wilayah Yogyakarta.

Masih dari sumber yang sama, nama Nglanggeran berasal dari kata "ngelanggar" yang artinya melanggar. Konon katanya, kata ini berawal dari mitos seorang dalang yang murka terhadap warga sekitar.

Ada banyak cara untuk pergi ke sana, salah satunya dengan menggunakan moda commuterline alias KRL. Bagi Anda yang berada di sekitar Solo, bisa menggunakan KRL Solo-Jogja lalu turun di Stasiun Maguwoharjo atau Stasiun Lempunyangan.

Jika ingin sekalian berwisata di seputaran Malioboro dan Keraton Yogyakarta, Anda bisa turun di Stasioun Yogyakarta. Untuk jadwal KRL Solo-Jogja lengkapnya bisa klik di sini.