Ternyata Begini Awal Mula Persib Bandung Mendapat Julukan Maung Bandung, Ada Peran Seniman Sunda di Sana

By Suar.id, Rabu, 4 Januari 2023 | 10:30 WIB
Ada apa di balik cerita nama 'Maung Bandung'? (Kompas.com)

Kita tentu bertanya-tanya, bagaimana awal mula Persib Bandung mendapat julukan Maung Bandung? Menurut Kompas.com, penggunaan julukan Maung Bandung ternyata muncul pada era 1990-an. Ternyata julukan Maung Bandung terinspirasi dari lagu berjudul "Jung Maju Maung Bandung".

Lagu itu sendiri diciptakan oleh Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata, seorang seniman Jawa Barat yang lebih dikenal sebagai Mang Ibing.

Lagu tersebut diciptakan Kang Ibing saat Persib mengarungi kompetisi Perserikatan 1991. Ketika itu, Persib berhasil menjadi kampiun kompetisi Perserikatan tahun itu setelah mengalahkan Persebaya 2-0.

Seiring kemudian lagu "Jung Maju Maung Bandung" kerap diperdengarkan di saluran televisi nasional, TVRI.

Hal tersebut, membuat lagu tersebut kian populer dan istilah Maung Bandung semakin sering masuk ke telinga masyarakat.

Lalu masyarakat sepak bola di Jawa Barat pun mulai menggunakan istilah Maung Bandung sebagai julukan Persib. Kata Maung Bandung sendiri diambil dari penggalan kalimat yang tersemat dalam judul, dan beberapa bait lirik pada lagu "Jung Maju Maung Bandung".

Bagi masyarakat Sunda, maung tak hanya dimaknai sebagai seekor hewan buas penguasa rimba hutan di Tatar Pasundan. Maung menempati posisi tertinggi dalam stratifikasi hewan yang hidup di Tatar Sunda.

Masyarakat Sunda juga memandang maung sebagai simbol semangat dan keberanian.

Nah, terkait semangat dan keberanian itu, jika kalian ingin mengikuti kiprah Persib Bandung dalam mengarungi kompetisi Liga 1 musim ini, silakan pantau terus jadwal Persib Bandung Liga 1 musim ini di sini.