Mental Terjaga, Fisik Terpelihara, Manfaat Memelihara Anjing yang Patut Diketahui

By Intisari Online, Senin, 16 Januari 2023 | 07:30 WIB
Manfaat memelihara anjing (freepik.com)

Ikatan antara manusia dengan anjing peliharaannya memang terkenal sangat kuat dan begitu melekat.

Tak ayal hal ini membuat banyak rumah produksi yang memilih untuk membuat film-film dengan cerita tentang sosok anjing peliharaan sebagai fokus utama.

Ada Hachi: A Dog's Tale (2009) yang menceritakan kisah seorang anjing bernama Hachi yang setia pada majikannya setelah kematian sang majikan.

Ada pula Lassie (2005) yang mengisahkan seorang anjing Collie bernama Lassie yang menemukan jalan pulang ke rumah setelah terpisah dari keluarganya.

Baru-baru ini, Netflix juga baru merilis film Dog Gone yang mengisahkan pencarian seekor anjing peliharaan yang hilang.

(Kisah Nyatanya Menginspirasi Film Dog Gone, Anjing Gonker Ternyata Idap Penyakit Langka Ini)

Pemilihan ini tentu bukan tanpa dasar, karena pada faktanya banyak orang yang mengakui bahwa memelihara anjing memberi dampak positif bagi diri mereka.

Melansir dari American Kennel Club (AKC), Sabtu (14/1/2023), disebutkan ada sejumlah manfaat memelihara anjing.

Manfaat yang pertama adalah memiliki risiko kematian yang rendah karena orang yang memilihara anjing cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dan respons yang lebih baik terhadap stres.

Selain itu, memelihara anjing juga mampu membantu menghentikan stres dan membantu mengatasi krisis yang terjadi dalam hidup.

Dua manfaat lainnya dari memelihara anjing adalah mendorong kita lebih banyak bergerak dan tentu saja membuat pemiliknya menjadi lebih bahagia.