Konspirasi Terbaik Sepanjang Masa: Pembunuhan Putri Diana

By Sosok.id, Selasa, 17 Januari 2023 | 08:30 WIB
Mengapa kematian Lady Diana pada 1997 menyisakan berbagai teori? (ROYAL.UK)

Putri Diana meninggal di di terowongan jalan raya Paris pada 31 Agustus 1997. Kematiannya mengagetkan publik. Lantas banyak teori konspirasi mengenai kematian Diana. Salah satunya ia sebetulnya dibunuh.

Hal itu pernah dilontarkan oleh ayah Dodi Al Fayed, Mohamed Al Fayed.Mohamed menuding pihak Kerajaan Inggris sengaja melakukan upaya pembunuhan kepada Diana dan anaknya.

"Mohamed Al-Fayed, ayah dari Dodi Al-Fayed, yang terbunuh bersama Diana. Al-Fayed mengklaim bahwa kecelakaan itu sebenarnya adalah pembunuhan oleh badan intelijen Inggris, atas permintaan Keluarga Kerajaan," jelas Live Science.

Baca Juga: Meghan Markle Kembali Injakkan Kaki di Istana, Camilla Diisukan Kecewa, Diduga Terkompori Sikap Pangeran Harry ke Raja Charles III

Tudingan Mohamed ini jelas serius. Pemeriksaan kepolisian Prancis menyebut jika tudingan Mohamed tidak berdasar dan sepenuhnya tak benar.

"Teori konspirasi yang dikemukakan oleh Mohamed Al Fayed telah diperiksa dengan cermat dan terbukti tidak memiliki substansi apa pun." Pada tanggal 7 April 2008, juri koroner menyimpulkan bahwa Diana dan Al-Fayed dibunuh secara tidak sah karena kelalaian pengemudi mabuk mereka dan mengejar paparazzi," jelas The New York Times.

Hingga saat ini kematian Diana masih dianggap konspirasi terbaik sepanjang masa.