Nationalgeographic.co.id—COS Event sukses menggelar Indonesia Outdoor Festival atau INDOFEST 2023. Festival atau pameran yang diselenggarakan pada 1-4 Juni 2023 di Istora Senayan Jakarta ini berhasil memikat 48 ribu pengunjung.
Para pengunjung itu datang untuk berburu perlengkapan aktivitas luar ruang (outdoor) yang dijual secara diskon besar-besaran. Selain itu, banyak dari mereka juga datang untuk mengikuti berbagai gelar wicara (talk show) terkait kegiatan outdoor, menikmati live music, hingga menjajal aktivitas outdoor yang tersedia di tempat pameran.
Project Director INDOFEST Eva Fitri Yeni mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi dukungan dan antusiasme masyarakat yang datang ke event ‘Lebaran Anak Outdoor’ itu.
“Kami ucapkan terima kasih bagi para pengunjung, sponsor serta eksibitor yang hadir dan terus memberikan dukungannya. Total selama 4 hari tercatat terdapat 48.180 pengunjung, hal itu melebihi target kami yaitu 40 ribu pengunjung,” ujar Ivy, sapaan Eva Fitri Yeni, di Jakarta, Senin (5/6/2023), dalam keterangan tertulisnya.
"Dan tahun ini total transaksi mencapai lebih dari Rp 40 miliar,” imbuhnya.
Ivy menjelaskan INDOFEST 2023 sengaja dibuat saat momen libur panjang atau long weekend. Hal itu berkaca pada tahun 2019. INDOFEST pada tahun 2019 itu bisa memperoleh lebih dari 60 ribu pengunjung dengan kondisi yang sama (libur long weekend).
COS EVENT selaku penyelenggara INDOFEST 2023 juga berharap bahwa pada tahun 2024, pihaknya akan tetap membuat inovasi dan kolaborasi yang bisa memperkaya event dengan hal-hal baru. Mereka juga akan menyelenggarakan INDOFEST dengan kapasitas yang lebih besar.
Untuk evaluasi, Ivy pun menjelaskan terkait lokasi penyelenggaraan. Pada tahun lalu INDOFEST diselenggarakan di Hall B JCC, Jakarta. Adapun tahun ini di Istora Senayan Jakarta.
Ivy mengatakan masing-masing lokasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika diselenggarakan di JCC dengan gedung yang full indoor dengan pendingin udara yang dingin dan bagus, bisa memberikan kenyamanan sehingga pengunjung betah berlama-lama di area pameran.
“Ketika diselenggarakan di Istora Senayan dengan lokasi yang semi outdoor, walaupun sudah kami siasati dengan berbagai fasilitas namun karena cuaca yang cukup terik sehingga suasana di pameran menjadi kurang nyaman bagi sebagian pengunjung dan sebagian eksibitor. Untuk itu perlu evaluasi lebih lagi apabila akan diselenggarakan di lokasi yang semi outdoor seperti di Istora Senayan,” katanya.
Ivy juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor. Juga kepada 65 Eksibitor products dan services yang jika ditotal menjadi lebih dari 100 brand. Kemudian ada 25 eksibitor dari komunitas, 15 taman masional, 23 tenan kuliner, serta penyedia berbagai macam aktivitas dan media partner.
“Jadi sobat INDOFEST sampai jumpa dan bersilaturahmi lagi di Lebaran Anak Outdoor 2024," seru Ivy. "Pantengin terus informasi di sosial media kita di Instagram @indofestofficial.”