DETRAC Indonesia Memecahkan Rekor Tercepat Kelililingi Pegunungan Mont Blanc

By National Geographic Indonesia, Rabu, 6 September 2023 | 18:00 WIB
Depok Trail Running Academy (DETRAC) Indonesia pecahkan rekor tercepat untuk Kategori Petite Trotte à Léon (PTL) dari Indonesia di Ajang Lomba Internasional Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB). (DETRAC)

Nationalgeographic.co.id—Tim PTL DETRAC INDONESIA diikuti oleh 3 orang, yaitu Fandhi Achmad, Dede Saifullah, dan Muhammad Kahfi.

Tim memulai perlombaan pada hari Senin, 28 September 2023 pukul 08.00 (UTC+2) dan sampai di garis finish pada hari Sabtu, 2 September 2023 pukul 16.36 (UTC+2).

Detrac Indonesia berhasil menyelesaikan kategori PTL UTMB dalam waktu 128 jam, dan menempati posisi ke-19 di global dan posisi ke-1 di ASIA. Kategori PTL diikuti oleh 112 tim terbaik dari perwakilan di seluruh dunia.

Tim DETRAC telah menuntaskan rute 311 km dengan total ketinggian/elevasi 25.000 mengelilingi pegunungan Mont Blanc dan melintasi 3 negara, yaitu Swiss, Perancis dan Italia.

Kategori PTL adalah perlombaan yang sangat sulit dan melalui proses seleksi yang sangat ketat dan disertai dengan potfolio pengalaman mendaki gunung.

Selain itu, kategori PTL harus melalui rintangan pegunungan yang menantang dan membutuhkan keahlian teknis, fisik dan mental yang kuat.

Dalam foto, Fandhi, Dede dan Kahfi dengan bangga mengibarkan bendera merah putih di garis finish.

Kegiatan penjelajahan UTMB tidak hanya sekedar berlari, namun juga memberikan inspirasi kepada pelari trail di Indonesia serta mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia internasional.