Berlari Sembari Menikmati Keindahan Batur Geopark di Bali Ultra Trail 2023

By National Geographic Indonesia, Jumat, 20 Oktober 2023 | 16:53 WIB
Start dilakukan pada 19 Agustus 2023 di Museum Batur Geopark. (BALI ULTRA TRAIL 2023)

Nationalgeographic.co.id—Bali Ultra Trail 2023 (BUT 2023) merupakan tahun kedua penyelenggaran Bali Ultra Trail. Registrasi dimulai dari tanggal 5 Februari sampai 30 Juli 2023.

Ratusan pelari dari berbagai komunitas, baik nasional maupun internasional, hadir untuk menikmati pengalaman berlari di kawasan Geopark Batur. Keberhasilan BUT 2022 dapat dilihat dari banyaknya peserta tahun lalu yang turut meramaikan BUT 2023. 

Pada tahun ini, semua kategori melakukan start di hari yang sama, yaitu Sabtu tanggal 19 Agustus 2023, dan finish terakhir pada tanggal 20 Agustus 2023. Start diawali dengan kategori 100K pada pukul 04.00 WITA, kemudian dilanjutkan dengan kategori 50K, 25K, dan 10K secara berturut-turut dari pukul 06.00 WITA.

Beberapa pejabat daerah seperti Bupati Bangli, Ketua DPRD Bangli, dan Kapolres Bangli pun hadir untuk melepas para pelari dari garis start. Dengan beberapa penyesuaian rute, peserta dapat menikmati keindahan Gunung Abang, keramahan Desa Kedisan dan Trunyan, serta merasakan sensasi berlari di Black Lava.

Pelari Bali Ultra Trail 2023 dapat menikmati keindahan Gunung Abang. (BALI ULTRA TRAIL 2023)

Meskipun sebagian besar peserta berasal dari pelari asing, kita turut berbangga karena podium pertama pada kategori 100K male dan female berasal dari Indonesia.

Rachmat Septiyanto, pelari asal jawa tengah, berhasil finish di kategori 100K hanya dalam waktu kurang dari 16 jam. Sedangkan Shindy Patricia sebagai podium pertama female, mencapai finish dalam waktu kurang dari 17 jam, bahkan mengalahkan podium ketiga male.

Ternyata, rute dan jarak yang menantang tidak mengurangi sisi kompetitif para peserta untuk dapat mencapai garis finish dibawah cutoff-time.

Pelaksanaan Bali Ultra Trail diharapkan dapat meningkatkan sport tourism di Bali, khususnya Kintamani. Sport tourism menjadi salah satu penggerak ekonomi di bidang pariwisata dan olahraga, serta berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan penduduk dan pembangunan daerah.

Selain jalur trail, Desa Kedisan dan Trunyan menjadi bagian dari rute Bali Ultra Trail 2023 yang menyuguhkan keramahan penduduk setempat. (BALI ULTRA TRAIL 2023)

Bali Ultra Trail memberikan pengalaman untuk menikmati keindahan alam kawasan Geopark Batur, sekaligus melakukan aktivitas trail running yang mereka gemari. Tidak sedikit pula road runner atau trail runner pemula yang baru pertama kali mengikuti race trail run seperti Bali Ultra Trail dan menjadi finisher.

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berlari di Kawasan Batur Geopark, kalian dapat mengikuti Bali Ultra Trail 2024 yang akan diadakan tanggal 3-4 Agustus. Sampai bertemu di Kintamani tahun depan!