MoneyFest Kontan 2023: Dari Festival Menuju Gerakan

By National Geographic Indonesia, Kamis, 16 November 2023 | 13:30 WIB
Kontan, media ekonomi dan bisnis Kompas Gramedia, kembali mengadakan MoneyFest. Pada tahun ini, MoneyFest mengusung tema GREENERaction: GREEN MONEY, GREEN ACTION, digelar pada Jumat, 10 November di M Bloc Space, Jakarta. (KONTAN)

 

Nationalgeographic.co.id—MoneyFest adalah festival finansial dan ekonomi dengan harapan menjadi sarana edukasi bagi generasi Y & Z tentang awareness dan implementasi ESG (Environmental, Social, dan Governance). Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola.

Sepertinya baru kemarin. Kita sebagai manusia berburu, meramu, dan bercocok-tanam. Kemudian, terjadilah revolusi industri. Bumi menjadi komoditas. Manusia menjadi penyebab kehancurannya sendiri.

Menurut Ketua Panitia MoneyFest 2023, Desmon Daniel, Kontan tak pernah ingin berpidato atau menggurui anak muda. Melalui festival MoneyFest, Kontan berharap setidaknya muncul kesadaran sederhana: setiap keputusan dan praktik kehidupan sehari-hari manusia, selalu ada implikasi. "Ada risiko," ujarnya.

Dengan MoneyFest, Kontan ingin merangsang kesadaran itu lewat rangkaian acara talkshow, influencer, dan pejabat pemerintahan tentang penerapan ESG. Ada juga performance stand up comedy dan musik, serta mini expo dari industri kreatif dan produk finansial bagi generasi muda.

Menjadi Sebuah Gerakan

Moneyfest mulai digelar dari siang hari. Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas ternama, yakni Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Prasetya Mulya datang mengikuti rangkaian acara mulai dari inspirational talkshow dari penggerak lingkungan, influencer, dan pejabat pemerintahan tentang penerapan ESG. Diskusi juga ada. Ada juga performance stand up comedy dan musik, serta mini expo dari industri kreatif dan produk finansial bagi generasi muda.

MoneyFest akan dimulai pukul 13.30 WIB dengan talkshow Gita Syahrani, Ketua Dewan Pengurus Koalisi Ekonomi Membumi dengan moderator Asnil Bambani, Redaktur Kontan. Talkshow ini tentang ekonomi berkelanjutan, berjudul The Journey to Sustainability.

Setelahnya, disusul penampilan Kelvin Joshua alias Keljo dan penampilan komika standup comedy Hifdzi Khoir, salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim keempat (SUCI 4) tahun 2014.

Di sore hari dan enggak kalah seru adalah diskusi tentang Investment For Sustainable Economy. Dimulai pukul 16.30-an, hadir Friderica Widyasari Dewi, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Vice President ESG Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Adam Zahir, serta Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Jeffrey Hendrik.

Setelah itu, peserta MoneyFest yang masih "lapar", akan dihajar oleh sharing dari Adam A. Abednego, Co-founder Menjadi Manusia, dan Marlo Ernesto. Mereka akan berbagi tentang cara menghadapi kegelisahan di masa usia 20-an, kesehatan mental, cara menghargai dan mencintai diri sendiri.

Terakhir, acara akan ditutup oleh Dikta Wicaksono, pemusik mantan grup musik Yovie & Nuno dari tahun 2007 hingga 2022.

Sejak siang hingga malam hari, peserta Moneyfest terus berdatangan. Lebih dari seribu orang memenuhi M Block Space memeriahkan Moneyfest 2023 ini.

"Kita pengen MoneyFest bukan berhenti hanya di festival doang. Tapi, menjadi gerakan. Gerakan bersama. Karena itu, di dalam rangkaian acara, Kontan juga bergerak konkret dengan berdonasi berupa tas untuk anak-anak sekolah. Ini merupakan bagian praktik sosial," pungkas Desmon.