#SayaPilihBumi melakukan City Clean Up dan Talkshow dengan Komunitas Peduli Lingkungan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 10 Juni 2024 | 15:45 WIB
Aksi bersih-bersih sampah sekaligus bincang lingkungan #SayaPilihBumi bersama komunitas pada Sabtu, 8 Juni 2024. (#SayaPilihBumi)

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan menjaga kebersihan kota, #SayaPilihBumi menyelenggarakan kegiatan Circular City Clean di Kawasan Taman Literasi (Blok M). Acara ini melibatkan berbagai komunitas dan para volunteer yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia.

Nationalgeographic.co.id - Kegiatan aksi peduli lingkungan Circular City Project yang diinisiasi #Sayapilihbumi kembali digelar pada 8 Juni 2024. Lebih dari 40 relawan yang terdiri dari berbagai komunitas diantaranya komunitas Forest Is Our Friend, Operasi Semut, Plastaval Bank, mahasiswa dan masyarakat umum melakukan aksi membersihkan sampah di kawasan Taman Literasi, Blok M, Jakarta Selatan.

Aksi peduli lingkungan ini masih dalam rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia pada tanggal 5 dan 8 Juni. “Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. City Clean Up ini bukan hanya tentang membersihkan taman, tetapi juga tentang menumbuhkan rasa tanggung jawab dan cinta terhadap bumi,” ujar Athala Devontra perwakilan dari #SayaPilihBumi.

Tidak hanya aksi bersih-bersih, kegiatan yang turut didukung oleh Eiger Adventure ini juga menyuguhkan sesi talkshow bertajuk "Duduk Bareng" dengan menghadirkan narasumber Ramon Y. Tungka selaku Editor At Large #SayaPilihBumi bersama peneliti dan aktivis lingkungan, Rheza Maulana, S.T.,M.Si. Pada sesi ini, kedua narasumber saling berbagi informasi dan pandangannya perihal pentingnya langkah-langkah kecil yang bisa kita praktikkan dalam mengatasi tantangan persoalan lingkungan.

Melalui kegiatan Circular City Project, SayaPilihBumi terus berinisiasi memberikan edukasi tentang “Langkah Hijau Untuk Bumi Yang Lebih Baik” guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkontribusi memberikan dampak yang baik untuk planet.

Baca Juga: SayaPilihBumi Gelar Aksi Pungut Sampah di Pantai Bali dan Mengubahnya Jadi Produk Berguna

"Jika manusia memiliki kemampuan merusak alam, maka seharusnya manusia juga mampu memperbaikinya. Semoga rangkaian kegiatan hari ini dapat menginspirasi dan menambah semangat untuk menerapkan langkah hijau di kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari yang sederhana, mulai dari diri sendiri, mulai dari hari ini," ujar Rheza Maulana selaku aktivis lingkungan.

“Perilaku kita di daratan memberi dampak yang signifikan pada ekosistem di lautan. Jangan jadikan laut sebagai TPA, sebab persoalan sampah di lautan adalah akumulasi perilaku kita sehari-hari yang sejatinya harus dibenahi. Setiap aksi kecil yang kita praktikkan akan membawa dampak baik yang besar untuk bumi. Lestarinya ekosistem laut dan pesisir dengan karbon birunya yang akan membantu planet ini mengatasi persoalan krisis iklim,” ujar Ramon Y. Tungka selaku Editor at Large SayaPilihBumi.

#SayaPilihBumi berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan serupa di berbagai lokasi lainnya, dengan harapan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam gerakan peduli lingkungan.

Hal ini juga selaras dengan semangat PT Integrasi Transit Jakarta selaku pengelola Taman Literasi Martha C. Tiahahu untuk perkuat tema Green Creative Hub di Kawasan TOD Blok M –Sisingamangaraja. Momentum ini diharapkan dapat bisa menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian Masyarakat luas juga untuk memulai langkah-langkah kecil demi lingkungan yang lestari.

Mari bersama-sama kita pilih bumi, mulai dari langkah kecil yang dapat kita lakukan hari ini.