Ingin Mencegah Keriput di Wajah? Konsumsi Ketiga Makanan Sehat Ini

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 14 Mei 2018 | 18:51 WIB
Wanita biasanya memiliki kulit yang lebih tipis. Ini membuat kerutan di wajah mereka lebih cepat muncul, dibanding pria. (robertprzybysz)

Menurut sebuah studi terbaru, mengonsumsi ikan, buah-buahan dan sayuran bisa membantu mencegah keriput pada wanita.

Mereka yang mengonsumsi lebih banyak makanan tersebut, memiliki garis keriput yang lebih tipis. Artinya, ketiga makanan itu lebih ampuh dari krim wajah anti penuaan.

Sekelompok peneliti dari Belanda ini mengajukan pertanyaan kepada 2700 pria dan wanita berusia 50 tahun ke atas, mengenai makanan apa saja yang mereka konsumsi. Selain itu, para partisipan tersebut juga diminta melakukan pemindaian wajah 3D.

Wanita biasanya memiliki kulit yang lebih tipis. Ini membuat kerutan di wajah mereka lebih cepat muncul, dibanding pria.

Baca juga: Inilah Cara Terbaik Mencuci Sayur dan Buah Agar Terhindar Dari Bakteri

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the American Academy of Dermatology, diketahui bahwa wanita tidak akan rentan terhadap keriput apabila mereka menghindari rokok, terlindung dari sinar matahari, dan mengonsumsi ketiga makanan sehat tadi.

Sementara itu, mereka yang sering makan daging, gula, lemak jenuh, dan minum alkohol, tampak lesu dan lebih tua dari umurnya.

Para peneliti mengatakan, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan flavonoid bisa merangsang pertumbuhan kolagen, serat yang membuat kulit tetap kenyal dan kencang.