Konsumsi Telur Menurunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 23 Mei 2018 | 14:21 WIB
Telur bermanfaat bagi kesehatan jantung. ()

Menurut sebuah studi terbaru dari Tiongkok, mengonsumsi telur bermanfaat untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

Para peneliti dari Peking University Health Science Center menemukan fakta bahwa makanan yang dianggap bisa menaikkan kadar kolesterol tidak sehat ini, ternyata mampu melindungi jantung.

Hasil studi menunjukkan, konsumsi telur per hari berkaitan dengan penurunan risiko stroke sebanyak 26%. Sementara pada oenyakit kardiovaskular, risikonya menurun hingga 18%.

Baca juga: Benarkah Pil Kontrasepsi Timbulkan Efek Samping Meningkatkan Depresi?

“Penelitian kami menemukan bahwa ada hubungan antara tingkat konsumsi telur yang sedang (1 telur per hari) dengan risiko jantung yang lebih rendah,” tulis Profesor Liming Li dan Canging Yu, pemimpin penelitian.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Heart ini meneliti pola makan 416 ribu partisipan berusia 30 hingga 79 tahun. Mereka diberi pertanyaan mengenai konsumsi telur. Selanjutnya, kesehatan mereka didokumentasikan selama sembilan tahun.

Sekitar 13% partisipan yang makan satu telur per hari, diketahui lebih sedikit kemungkinannya untuk menderita stroke hemoragik – yang terjadi ketika ada pendaraha di dalam atau sekitar otak.  Risiko kematian mereka juga berkurang hingga 28%.