Lobster Langka Berwarna Pastel Ditemukan di Kanada

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 20 Juni 2018 | 14:01 WIB
Lobster berwarna biru pastel dan merah muda yang ditemukan di Kanada. (Instagram @igersmaine)

Seekor lobster yang ditangkap di pulau Grand Manan, Kanada, berhasil selamat dari pasar seafood berkat warnanya yang unik. Alih-alih biru gelap, oranye, atau hijau, jenis krustasea yang diberi nama Lucky ini, justru memiliki warna merah muda dan biru pastel.

Karena keunikannya itu, Lucky tidak akan berakhir menjadi santapan manusia. Robinson Russell, nelayan yang menangkapnya, menyumbangkan lobster langka tersebut ke Huntsman Marine Science Centre Fundy Discovery Aquarium.

“Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya. Jadi, lebih baik diserahkan ke akuarium,” kata Russell.

Baca juga: Hewan Laut Berjatuhan dari Langit Tiongkok, Mengapa Itu Bisa Terjadi?

Lobster berwarna mirip pelangi ini ditangkap pada November 2017 dan Russell mengunggah fotonya di Instagram  pada Desember. Namun, entah mengapa, itu tidak viral, sampai akun @igersmaine mengunggahnya satu minggu lalu.

Warna yang berbeda-beda pada populasi lobster disebabkan oleh makanan yang mereka konsumsi. Namun, terkadang ada individu lobster yang mengalami mutasi genetik hingga mengubah warna sepenuhnya. Para nelayan telah menangkap lobster berwarna biru, kuning, merah, oranye, dan merah-hitam.

Baca juga: Puan, Orangutan Sumatera Tertua di Dunia Mati pada Usia 62 Tahun

Yang paling langka adalah lobster albino. Diperkirakan hanya ada satu albino dalam 100 udang biasa. Dan Lucky sepertinya salah satu lobster albino tersebut.

Lobster dengan warna menakjubkan ini akan dipamerkan di Fundy Discovery Aquarium sampai Oktober mendatang.