Gol Meksiko ke Gawang Jerman Menyebabkan Gempa di Mexico City

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 20 Juni 2018 | 14:01 WIB
Timnas Meksiko. ()

Piala Dunia 2018 sudah dimulai. Beberapa pertandingan sudah berjalan dengan baik dan meninggalkan banyak cerita. Salah satunya muncul ketika timnas Meksiko bertemu dengan timnas Jerman di laga perdana penyisihan grup F.

Baca juga: Pertikaian 'Abadi' Antara Saudara Kandung Lahirkan Adidas dan Puma

Meksiko yang diprediksi oleh banyak orang tidak akan bisa mengalahkan tim panser ini ternyata malah membuktikan hal yang bereda. Meksiko menang tipis 1-0 atas Jerman. Gol tunggal dihasilkan dari tendangan Hirving Lozano.

Pendukung Meksiko yang hadir secara langsung untuk menyaksikan timnas mereka bertanding pun meluapkan kebahagiaan mereka setelah peluit panjang ditiup oleh wasit.

"Keseruan" tidak berhenti sampai di situ, kemenangan Meksiko atas Jerman ternyata membawa dampak lain. Gol Hirving Lozano membuat ibukota Meksiko, Mexico City mengalami gempa.

Baca juga: Peneliti: Penduduk di Wilayah Pegunungan Memiliki Lengan Lebih Pendek

Bagaimana bisa sebuah gol mengakibatkan gempa? Bahkan jarak antara Mexico City dengan tempat dilaksanakannya pertandingan terbilang sangat jauh.

The Institute of Geological and Atmospheric Investigations, dalam laporannya mengemukakan bahwa gol yang membawa kemenangan tersebut membuat ribuan pendukung timnas Meksiko yang sedang melakukan "nonton bareng", melompat-lompat dan menghentakan kaki.

Baca juga: Maulwi Saelan, Ajudan Bung Karno Sekaligus Kiper Timnas Indonesia

Lompatan dan hentakan ini mengakibatkan terjadinya gempa buatan (artificial earthquake) selama tujuh detik di Mexico City.

Kejadian serupa juga pernah terjadi saat Lionel Messi membobol gawang Paris Saint-Germain pada babak perempat final Liga Champions musim 2016-2017. Jordi Diaz, peneliti dari Institute of Earth Sciences Jaume Almera di Barcelona, Spanyol, mencatat getaran yang terjadi di Stadion Nou Camp, Barcelona.