Dianggap Mengerikan, T. Rex Ternyata Tak Bisa Menjulurkan Lidahnya

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 21 Juni 2018 | 13:42 WIB
Para arkeolog menemukan fakta bahwa tulang hyoid T-rex mirip dengan buaya. (Li et al)

Ketika membayangkan Tyrannosaurus rex, dinosaurus yang paling menakutkan, Anda mungkin mengira ia memiliki rahang menganga dengan lidah raksasa di mulutnya.

Namun, menurut studi terbaru yang dipublikasikan pada PLOS ONE, itu bukan gambaran T-Rex yang sebenarnya. Faktanya, beberapa dinosaurus tidak mampu menjulurkan lidahnya. Bagian tersebut menempel di lantai mulut – mirip dengan yang terjadi pada buaya.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, para ilmuwan dari University of Texas dan Chinese Academy of Science, mempelajari tulang hyoid burung-burung modern dan buaya, lalu membandingkannya dengan fosil dinosaurus unggas (seperti pterosaur), dan T-rex.

Hyoid sendiri merupakan tulang berbentuk mirip tapal kuda yang terletak di sekitar leher antara dagu dan tiroid.

Baca juga: Arkeolog Temukan Dua Kerangka Pria dengan Kaki Terpotong di Inggris

Setelah menelitinya, para arkeolog menemukan fakta bahwa tulang hyoid T-rex dan dinosaurus lainnya, mirip dengan buaya. Tulangnya pendek, simpel, dan sulit digerakkan.

“Selama ini, mulut dan lidah T-rex digambarkan dengan salah,” kata Julia Clarke, ahli paleontologi dan profesor di Jackson School.

“Pada dinosaurus yang sudah punah, tulang lidah mereka sangat pendek. Milik buaya pun sama pendeknya, dan lidahnya benar-benar melekat pada dasar mulut,” tambahnya.