Diduga Punah Sejak Abad 20, Beruang 'Mistis" Sailugem Muncul Kembali

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 26 Juni 2018 | 14:47 WIB
Beruang sailugem. (YVV via Kompas.com)

Kepunahan yang dialami oleh beberapa jenis hewan adalah hal yang menyedihkan. Berbagai cara dilakukan dengan penuh harapan untuk menemukan mereka yang "hilang'. Bahkan ketika para peneliti hanya menemukan jejak kehidupan hewan yang punah saja mereka mendapatkan perasaan bahagia yang besar.

Lalu bagaimana perasaan para peneliti ketika mereka menemukan berita ditemukannya hewan yang telah dinyatakan punah pada abad 20? Bahkan sejumlah orang mengatakan bahwa hewan ini hanyalah makhluk mistis saja.

Baca juga: The Great Blue Hole, Lubang Biru Belize yang Memesona dan Misterius

Berlokasi di Pegunungan Altai, Rusia, seekor beruang sailugem tertangkap kamera ketika para turis sedang melakukan perjalanan ke tempat terpencil itu. Sejumlah foto yang diambil oleh para turis kemudian menjadi bukti awal bagi para peneliti mengenai keberadaan beraugn sailugem.

Menurut laporan, beruang "mistis" ini terakhir kali terlihat oleh seorang pakar kehewanan Rusia, Dr Genrikh Sobamsky pada pertengahan abad 20.

Terkait pencarian, para peneliti sempat mengalami kesulitan dalam mengumpulkan bukti keberadaan hewan besar ini. Sedikit titik cerah pernah menghampiri para peneliti, pada tahun 2015, dilaporkan bahwa para peneliti menemukan sarang dan jejak beruang sailugem.

Beruang sailugem. (YVV via Kompas.com)

Satu tahun setelah laporan penemuan sarang dan jejak, beberapa foto dan video muncul memperlihatkan seekor anak beruang. Namun ternyata hewan dalam "bukti" tersebut memiliki rambut berwarna gelap, bukan putih layaknya sailugem.

Baca juga: Blood Moon dan Ramalan Mengenai Kiamat yang Tidak Dapat Dipisahkan

Berbeda dengan hal tersebut, foto-foto yang dimiliki oleh para turis ini menunjukkan bahwa beruang yang mereka foto memiliki ciri yang sama dengan gambaran beruang sailugem pada umumnya. Bahkan beruang dalam foto itu dinilai sama dengan apa yang dilihat oleh Sobamsky.

Seorang petugas biro perjalanan yang memandu para turis tersebut mengatakan bahwa para turis terkejut saat beruang sailugem ini muncul. Walau membuat mereka terkejut, rambut pirang yang dimiliki oleh sailugem membuat mereka tidak ingin beranjak. "Rambut beruang ini pirang dan sangat cantik", ujar petugas tersebut.

Setelah beruang sailugem ini berhasil tertangkap kamera, saat ini para pakar memulai kembali sibuk dalam pencarian yang lebih mendalam mengenai beruang yang lebih sering muncul di pegunungan dan dataran tinggi ini.

Baca juga: NASA Ungkap Rencananya Lindungi Bumi dari Asteroid Mematikan