Viral, Gumpalan Awan 'Ombak Besar' Hebohkan Masyarakat Malaysia

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 11 Juli 2018 | 11:42 WIB
Formasi awan yang terlihat seperti gulungan ombak (bharian.com.my)

Hingga hari ini, masyarakat Malaysia—dan semakin meluas—masih dihebohkan dengan formasi awan seram yang terlihat seperti gulungan ombak besar beserta angin puting beliung.

Berdasarkan foto yang viral di media sosial, kondisi saat itu terlihat seperti kejadian di dalam sebuah film fiksi ilmiah. Gulungan awan terlihat seperti ombak tsunami besar yang hendak melahap daratan.

Baca juga: Ekosistem Terganggu, Seekor Anak Gajah Tersesat Di Dekat Permukiman

Kejadian ini terjadi pada hari Selasa (10/7/2018), sekitar pukul 7 pagi. Saat itu cuaca memang sedang tidak bersahabat, langit menjadi semakin mendung dan hujan lebat pun menyusul persitiwa alam pagi itu.

Dikutip dari BHonline, Jamal Djupri (37), seorang warga mengatakan bahwa kejadian ini bukanlah kejadian pertama kalinya. Menurut Djuprim kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2017 dan 2016.

"Gulungan ombak" yang terbentuk dari awan. (bharian.com.my)

Direktur Departemen Meteorologi Sabah, Azmi Daud mengatakan bahwa fenomena awan ini dikenal sebagai "garis badai Borneo" atau kumpulan badai. Azmi Daud juga menambahkan bahwa fenomena alam ini bukanlah fenomena alam yang berbahaya.

Baca juga: 7 Pembunuhan yang Mengguncang Dunia, John Lennon Hingga Mahatma Gandhi

"Gulungan ombak" terbentuk di perairan dan daerah pantai di sekitar area barat Sabah pada pagi hari. Sementara itu angin dari laut menyebabkan awan terlihat menggulung.

"Kami berharap cuaca mulai kembali normal pada malam hari," tutup Azmi Daud.