Gempa Meksiko Ungkap Keberadaan Kuil Aztec Berusia Seribu Tahun

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 16 Juli 2018 | 16:13 WIB
Kuil kuno tersembunyi yang ditemukan di Meksiko setelah gempa 7,1 skala Richter. (Ronaldo Schemidt/AFP/Getty Images)

Gempa bumi dengan kekuatan 7.1 skala Richter yang mengguncang Meksiko pada September 2017, menyebabkan kerusakan dan menewaskan 369 orang. Namun, minggu lalu, arkeolog mengumumkan bahwa gempa tersebut mengarahkan mereka kepada kuil kuno tersembunyi.

Kuil itu berada di dalam piramida ganda di situs kuno Teopanzolco, yang jika diterjemahkan namanya berarti “di kuil tua atau yang ditinggalkan”. Situs tersebut berlokasi 43 mil dari selatan Mexiko City.

Menurut para arkeolog, kuil tersembunyi tersebut kira-kira berasal dari 1150 A.D. Kemungkinan ia berkaitan dengan peradaban Tlahuica yang membangun struktur utama situs Tepanzolco.

Baca juga: Makanan Terakhir Ötzi Si Manusia Es Sebelum Terbunuh 5300 Tahun Lalu

Ketika para peneliti dari Mexico’s National Institute of Anthropology and History memindai kerusakan piramida ganda akibat gempa, mereka menyadari adanya jejak kuil lebih tua di dalamnya. Piramida terluarnya dibangun di atas piramida tua – yang mana merupakan ciri khas masyarakat Tlahuica

Tlahuica merupakan orang-orang Aztec yang tinggal di Morelos beberapa abad lalu. Mereka menjadi subjek Kekaisaran Aztec pada 1400-an dan meninggalkan situs Teopanzolco saat kedatangan Spanyol pada 1500.

Kuil tersembunyi itu diduga dibuat untuk dewa hujan Tláloc yang merupakan sosok penting selama periode Aztec. Tláloc memiliki kekuatan mendatangkan hujan untuk menyirami tanaman. Meski begitu, ia juga mampu menyebabkan kekeringan, serangan petir, dan badai.

Untuk menenangkan Tláloc, para pemujanya melakukan ritual pengorbanan anak-anak pada bulan pertama berdasarkan kalender mereka.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Raksasa Pertama Ditemukan di Argentina

Para peneliti menemukan pecahan keramik dan pembakar dupa di antara sisa-sisa kuil. Mereka juga menemukan fakta bahwa gempa bumi telah merusak struktur inti piramida yang ada di dalamnya.

Diketahui bahwa gempa Meksiko 2017 telah merusak banyak situs bersejarah, termasuk gereja-gereja serta Monte Albán, ibu kota bagi orang-orang kuno Zapotec.