Benarkah Anak Laki-laki Lebih Jago Matematika Dibanding Perempuan?

By Mar'atus Syarifah, Rabu, 15 Agustus 2018 | 15:03 WIB
Anak laki-laki sedang mengerjakan soal matematika. (CherriesJD/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apakah benar laki-laki lebih hebat dalam bidang matematika dibandingkan perempuan

Colleen Ganley, seorang psikolog, mengungkapkan bahwa secara umum, anak laki-laki cenderung mengungguli anak perempuan pada persoalan di luar materi sekolah.

Namun, sebuah penelitian meta-analisis terbaru menemukan fakta bahwa anak laki-laki juga mengungguli anak perempuan pada persoalan matematika yang lebih kompleks. 

Sedangkan untuk pada permasalahan matematika yang menggunakan prosedur tertentu, tidak memperlihatkan perbedaan pada laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: Terwelu di Skotlandia Menurun Drastis Sejak 60 Tahun Terakhir

Faktor usia dan jenis matematika diketahui berdampak pada hasil penelitian. Sebagai contoh, dua studi terbaru ternyata tidak menemukan adanya pengaruh jenis kelamin dengan keterampilan numerik dasar pada anak-anak.

Lebih lanjut, sebuah penelitian dilakukan dengan membandingkan pelajar dari sekolah dan perguruan tinggi. Hasilnya, terlihat perbedaan pada kinerja matematika antara laki-laki dengan perempuan. Namun, perbedaan yang ditemukan terlalu kecil. Nilai kinerja rata-rata untuk anak laki-laki dan perempuan adalah 0,1-0,3 standar deviasi yang terpisah satu sama lain.

Intinya, anak laki-laki dan perempuan sebenarnya tidak jauh berbeda dalam kinerja matematika.

Baca Juga: Suhu Panas di Bumi Akan Melebihi Batas Normal Lima Tahun Mendatang

Meskipun penelitian mengatakan demikian, tapi kita masih sering melihat adanya perbedaan respons antara laki-laki dan perempuan di bidang matematika.

Menurut peneliti, anak perempuan cenderung memiliki sikap yang kurang positif saat menghadapi persoalan matematika.

Dalam bidang matematika, perempuan memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dan tingkat kepercayaan diri yang lebih rendah daripada laki-laki. Hal tersebut berarti, meskipun perempuan dan laki-laki memiliki kemampuan yang sama, perempuan sering kurang yakin pada diri mereka sendiri.