Beredar Info PLN Pasang Perangkat Deteksi Dini Gempa Malam Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 23 Agustus 2018 | 19:47 WIB
Informasi palsu sangat mudah tersebar lantaran berisi ancaman. (Tero Vesalainen/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Dalam aplikasi percakapan Whatsapp, hari ini, Kamis (23/8/2018), beredar informasi mengenai pemasangan perangkat deteksi dini gempa oleh PLN untuk malam ini.

Baca juga: Kekalahan Napoleon di Perang Terakhirnya Disebabkan Erupsi Tambora?

Pihak PLN sementara memasang perangkat deteksi dini gempa malam ini, Himbauan jika tiba2 mati lampu, kmudian setelahnya ada tanda lampu kedap kedip tiga kali. Segera SEMUA KELUAR RUMAH,KARENA GEMPA kemungkinan dengan intensitas sangat tinggi terjadi !!!. Tolong di share,barusan sy dapat info.

Tidak hanya melalui Whatsapp, beberapa akun media sosial pun juga mengunggah informasi yang sama.

Akun Twitter dengan nama @aidilrachman pun menanyakan langsung kepada akun resmi PLN, @pln_123. Berselang beberapa jam, PLN pun menjawab pertanyaan tersebut melalui akun yang sama bahwa informasi tersebut tidak benar.

Tidak hanya melalui akun Twitter @pln_123, akun Instagram @pln.ntp pun ikut angkat bicara mengenai informasi yang sudah tersebar luas tersebut.

Sekadar informasi, hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu melakukan deteksi dini mengenai waktu terjadinya gempa. Dengan demikian, informasi mengenai pemasangan alat deteksi dini gempa oleh PLN adalah HOAX.

Baca juga: Lapisan Es Paling Tua dan Tebal di Arktika Patah Untuk Pertama Kalinya