Semangat HUT RI dan Semangat Bangkitkan Energi di Tanah Papua

By Gregorius Bhisma Adinaya, Sabtu, 25 Agustus 2018 | 15:40 WIB
(Dok. Pertamina)

Nationalgeographic.co.id - Indonesia mungkin sudah tidak terjajah lagi oleh negara-negara asing seperti puluhan tahun yang lalu. Kita tidak perlu lagi mengangkat senjata untuk berjuang memperjuangkan kemerdaan indonesia. Namun kita masih tetap harus mengobarkan semangat kemerdekaan yang sudah dimulai oleh para pejuang. Bukan untuk kemerdekaan atas penjajahan, namun semangat untuk saling membantu satu sama lain sebagai warga negara Indonesia.

Baca juga: Mampukah Asian Games 2018 Mendorong Perdamaian Dunia?

Sebagai bagian dari Indonesia, PT Pertamina (Persero) juga memiliki semangat itu. Sebagai bentuk perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat, Pertamina menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) di Papua sebesar Rp3,4 miliar. Tidak hanya itu, perseroan juga menggelar Pesta Rakyat yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola, Lantamal TNI AL, Jayapura, Papua, Sabtu (25/8/2018). 

Bantuan ini dialokasikan untuk kebutuhan sarana MCK di wilayah perbatasan, renovasi ruang kelas, renovasi rumah ibadah di Timika, dan pembangunan sarana kesehatan seperti posyandu. Selain itu, bantuan speed boat ambulance untuk Kabupaten Asmat, serta dukungan pada program Pertamina Sehati (Sehat Ibu dan Anak Tercinta). Pesta Rakyat yang dihadiri oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Plt. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Jalan Sehat, Kuliner Kaki 5 Gratis, Lomba Permainan Rakyat, Lomba Mewarnai, Pameran UKM Binaan Pertamina, Sembako Murah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis (Pertamina Sehati), Nonton Bareng (Nobar) Film Anak, dan Lomba Memasak Nasi Kemerdekaan bersama Bright Gas juga turut meramaikan.

Pemeriksaan gratis bagi masyarakat sekitar. (Dok. Pertamina)
Vice President Corporate Communication, Adiatma Sardjito, mengungkapkan bahwa Pesta Rakyat ini adalah bagian dari agenda tahunan mereka. Adiatma juga menambahkan bahwa pesta rakyat kali ini bertujuan untuk menularkan semangat kinerja dan prestasi bangsa dalam rangka HUT Kemerdekaan Ke-73 RI dan Kegiatan Asian Games 2018 ke tanah Papua. “Pertamina tumbuh dan hadir bersama rakyat, karena itu Pesta Rakyat ini bagian dari langkah untuk membangun semangat kebersamaan, memompa energi kemerdekaan dan Asian Games 2018, menyatu dalam gelaran Pesta Rakyat,” ujar Adiatma.

Baca juga: Orangtua Gadis Purba Ini Berasal dari Dua Spesies Manusia yang Berbeda

Jayapura, Papua dipilih sebagai tempat berlangsungnya Pesta Rakyat karena Pertamina ingin kembali mewujudkan komitmen untuk memajukan wilayah Timur Indonesia. “Pertamina saat ini sedang membangun berbagai infrastruktur BBM dan LPG yang diprioritaskan untuk wilayah Timur Indonesia. Dalam 3 - 4 tahun mendatang berbagai infrastruktur tersebut insya Allah akan selesai, sehingga akan mewujudkan keadilan energi bagi saudara-saudara kita di wilayah Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.  Selama ini sudah dirintis Program BBM Satu Harga, sehingga harga BBM bisa sama dengan di Pulau Jawa,” ucap Adiatma lebih lanjut.

Kegiatan edukasi dalam Pesta Rakyat (Dok. Pertamina)
Pesta Rakyat ala Pertamina dimulai pada pukul 05.00 WIT dengan senam Poco-Poco dan jalan sehat 5 km yang diikuti oleh 3.000 orang dengan rute Pantai Hamadi, Jayapura. Peserta jalan sehat juga melakukan kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Clean Up).

Ada satu pemandangan yang unik. Para peserta dibagikan air mineral saat beraktivitas, hanya saja yang memberikan air mineral adalah Mascot Asian Games 2018 yakni Bhin-Bhin, Atung dan Kaka. Pendekatan ini dilakukan untuk membawa dan menularkan semangat Asian Games 2018.

Baca juga: Upaya Arab Saudi Membersihkan Sampah di Mekkah Pascamusim HajiDoorprize berupa motor dan sepeda pun meramaikan kegiatan ini. Tidak hanya itu, artis asal Papua, Ochy Marisa, LMP Band (TOP 40) serta Anker Dance School pun turut menghibur para peserta dan masyarakat.

Pesta Rakyat membawa dampak positif yang terpancar dari ekspresi. (Dok. Pertamina)
Untuk melengkapi semangat membangun dan membantu, Pertamina juga memberikan 1.000 paket sembako murah senilai Rp 150.000, yang cukup dibeli dengan harga Rp 25.000 per paket oleh masyarakat yang hadir. “Semoga rangkaian Pesta Rakyat ini, menjadi energi yang membangkitkan semangat kebersamaan, solidaritas dan sportivitas untuk sama-sama memajukan Papua,” tutup Adiatma.

Baca juga: Kamera Drone Berhasil Ungkap Keberadaan Suku Terasing di Amazon