Memangsa Tiga Kambing Milik Warga, Harimau Sumatra Ditangkap

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 29 Agustus 2018 | 10:54 WIB
Ilustrasi harimau Sumatra. (Cloudtail_the_Snow_Leopard/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Seekor harimau Sumatra memangsa tiga ekor kambing milik warga di kawasan Ngalau Baribuik, Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang, pada Sabtu (25/8) lalu.

Menurut TribunPadang.com, dari tiga ekor kambing yang dimakan, satu di antaranya sudah kehilangan setengah bagian tubuhnya. Sementara, badan dua kambing lainnya masih utuh, namun tetap tidak bisa diselamatkan.

Melihat hal ini, warga kemudian melaporkan adanya kehadiran harimau ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat.

Baca juga: Hiu Nahas yang Terdampar di Pantai Parangkusumo Akhirnya Dikuburkan

Polisi hutan BKSDA langsung dikerahkan untuk melakukan pengintaian dan memasang perangkap tidak jauh dari ladang warga di Ngalau Baribuik.

Setelah beberapa hari, harimau tersebut berhasil ditangkap pada Selasa (28/8) malam, tepatnya pukul 22.00 WIB.

“Penangkapan dilakukan dengan menembakkan bius ke tubuh harimau. Setelah dia lemas, barulah kami amankan dan evakuasi ke mobil kerangkeng yang disediakan,” papar Eka Damayanti, Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar, dilansir dari TribunPadang.com.

Harimau yang berhasil ditangkap BKSDA. (Istimewa via TribunPadang.com)

Sempat beredar kabar yang mengatakan bahwa ada dua harimau yang berkeliaran. Namun, menurut Eka, satwa ini merupakan harimau yang sama dengan yang dilihat warga di kawasan Batu Busuk, Kecamatan Pauh, dua pekan sebelumnya. Jarak antara Batu Busuk dan Ngalau Baribuik masuk ke dalam wilayah jelajah harimau tersebut.

"Selain itu, ukuran tubuh harimau yang ditangkap ini juga sesuai dengan yang diinformasikan warga di Batu Busuk," kata Eka.

Baca juga: Penyelam Temukan Cumi-cumi Raksasa yang Lebih Besar Dari Tubuh Manusia

Harimau yang berhasil ditangkap ini kira-kira berusia dua tahun. Ia senang menjelajah hingga akhirnya tersesat dan masuk ke ladang warga di kawasan Ngalau Baribuik.

Setelah berhasil ditangkap, kini harimau tersebut dievakuasi ke kantor BSKDA Sumbar untuk diteliti lebih lanjut.