Biawak Raksasa Meneror Sebuah Keluarga dan Mampu Hindari Petugas

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 4 September 2018 | 13:57 WIB
Biawak air asia dapat tumbuh hingga panjang 3 meter. (lukestudios/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apa yang Anda rasakan bila seekor hewan liar datang dan mendiami halaman rumah Anda? Bila hewan liar tersebut hanya seekor hewan kecil, mungkin rasa was-was tidak akan muncul terlalu lama. Namun bagaimana bila seekor biawak sebesar manusia dewasa lah yang datang?

Baca juga: Kebakaran Besar Terjadi di Museum Tertua Brasil, Bagaimana Kondisinya?

Kejadian menyeramkan ini dialami oleh keluarga Lieberman di Davie, Florida. Dilaporkan oleh ABC News pada Rabu (29/8/2018) kemarin, biawak ini ditemukan oleh pemilik rumah sedang bersembunyi di halaman belakang rumah mereka.

Pasangan pemilik rumah, Zack dan Maria tidak hanya terkejut dengan temuan ini. Perasaan takut juga terus membayangi mereka. Bukan tanpa alasan, di dalam rumah ini terdapat dua anak mereka yang masih kecil.

Reptil raksasa berjenis biawak air asia (varanus salvator) ini diperkirakan sudah mendiami kawasan di sekitar rumah itu selama beberapa hari. Kantor Miami Herald bahkan melaporkan bahwa hewan ini beberapa kali berhasil menghindari jebakan pawang dan otoritas satwa liar.

Biawak air asia yang berdiam di rumah keluarga Lieberman. ()

Usaha pencarian dengan melibatkan anjing pelacak pun tidak membuahkan hasil.

Selama beberapa hari, petugas setempat pun masih mencari cara terbaik untuk menangkap biawak air asia ini. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memancingnya menggunakan paha ayam.

Biawak air asia

Biawak ini termasuk dalam genus Varanus dan termasuk dalam kelompok reptil pemangsa berleher panjang, lidah bercabang, dan memiliki tubuh yang berotot hingga ekor.

Baca juga: Kebakaran Besar Terjadi di Museum Tertua Brasil, Bagaimana Kondisinya?

Hewan kekar ini banyak dijumpai di kawasan Asia, Afrika, dan Oceania. Tidak jarang juga, mereka dapat ditemui di Amerika sebagai spesies invasif.

Biawak dengan ukuran menyaingi komodo ini awalnya dibawa ke Florida sebagai hewan peliharaan eksotis. Namun beberapa biawak kemudian melarikan diri dan sengaja dilepas menuju alam liar.