Seluruh Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan Pelayanan Prima

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 21 September 2018 | 17:17 WIB
(Dok. Angkasa Pura 1)

Nationalgeographic.co.id - Seluruh (13) bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) berhasil meraih penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2018. Penghargaan ini disaksikan dan diserahkan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Ketiga belas bandara ini secara lengkap mendapatkan penghargaan dari tiga kategori yang berbeda, yakni kategori pelayanan prima utama, kategori pelayanan prima madya, dan kategori pelayanan prima pratama.

Baca Juga : Sampah Sedotan Plastik Mengancam Bumi, Berbagai Pihak Mulai Berbenah

Penghargaan kategori prima utama diraih oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Sedangkan kategori prima madya diraih oleh Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara El Tari Kupang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Lombok Praya, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sementara itu, Penghargaan kategori pelayanan prima pratama diraih oleh Bandara Frans Kaisiepo Biak.

“Setelah minggu lalu, tepatnya tanggal 12 September 2018, tiga bandara Angkasa Pura I menerima trofi penghargaan Airports Service Quality (ASQ) 2017 dari Airports Council International (ACI) di Halifax-Kanada, hari ini seluruh bandara Angkasa Pura I kembali meraih penghargaan. Kali ini Penghargaan Pelayanan Prima unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan tahun 2018. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen kami yang senantiasa meningkatkan pelayanan kepada publik," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi.

Penghargaan ini membuktikan bahwa standar pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I semakin merata dan sejalan dengan misi Angkasa Pura I, mengutamakan pelayanan bersama dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Faik Fahmi juga mengungkapkan bahwa jajaran manajemen berterima kasih atas kerja keras karyawan Angkasa Pura I yang selalu berupaya melayani konsumen dengan baik.

Pelaksanaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik sektor transportasi di Lingkungan Perhubungan dilakukan oleh Tim Penilai Independen yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 616 Tahun 2018.

Tim penilaian ini terdiri dari wakil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombusdman, Kantor Staf Kepresidenan, Akademisi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Pengamat Transportasi, dan perwakilan jurnalis.

Penilaian Pelayanan Prima dilaksanakan selama empat, Mei hingga Agustus 2018. Dasar penilaian pun mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penilaian Pelayanan Kinerja pada Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan, yang terdiri dari 6 (enam) aspek penilaian yaitu Aspek Kebijakan Pelayanan, Aspek Profesionalisme SDM, Aspek Sarana Prasarana Pelayanan Publik, Aspek Sistem Informasi Pelayanan Publik, Aspek Konsultasi dan Pengaduan, serta  Aspek Inovasi dan Prestasi.

Baca Juga : Remaja Australia Ciptakan Kantung Plastik Ramah Lingkungan dari Udang

Total peserta yang dinilai adalah sebanyak 166 unit pelayanan publik dari 179 unit. Para peserta dipilih berdasarkan usulan pimpinan instansi atau kantor pusat pada masing-masing unit pelayanan.

Penghargaan kategori prima utama diberikan kepada 30 unit layanan publik, kategori prima madya diberikan kepada 85 unit pelayanan publik, dan kategori prima pratama  diberikan kepada 32 unit pelayanan publik. Sementara itu untuk 19 unit pelayanan lainnya pada tahun ini belum masuk dalam kategori Pelayanan Prima.