Siswa SD Belajar Mengenai Energi, dengan Cara yang Menyenangkan

By Warsono, Sabtu, 22 September 2018 | 20:09 WIB
Relawan mengajarkan siswa kelas tiga SDN 01 Babadan tentang siklus air. (Warsono)

Nationalgeographic.co.id - Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Babadan, Desa Babadan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, dengan lantang bernyanyi "Matikan listrik, matikan lampu, dan matikan kipas kalau tak perlu. Itulah cara-cara menghemat energi listrik setiap hari," lagu ini merupakan lagu "Hemat Energi" yang digubah dari lagu "Anak Gembala", yang dipopulerkan oleh penyanyi cilik Tasya, di lapangan sekolah.

Pagi itu mereka bernyanyi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar mengenai energi dari PT Pertamina Internasional EP (PIEP), anak usaha Pertamina pada Jumat (21/9/2018). Mereka berkumpul di lapangan sambil berkenalan dengan 14 relawan penawar yang dilibatkan oleh PIEP.

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Empat Tipe Kepribadian Baru, Anda Termasuk yang Mana?

Para relawan berbagi pengetahuan dan menjadi inspirasi bagi mereka, calon penerus bangsa. Tujuannya tidak muluk-muluk, peningkatan kreativitas dan memperluas wawasan anak tentang pengenalan profesi, serta kegiatan yang dibaktikan oleh Pertamina untuk Negeri.

Direktur Keuangan dan Komersial, Aris Mulya Azof menjelaskan bahwa Program Pertamina Mengajar sejalan dengan program induk usaha, PT Pertamina (Persero), yaitu Pertamina Energi Negeri.

Siswa-siswi menyanyikan lagu (Warsono)

“Kegiatan CSR ini dirangkai dengan aktivitas yang menarik untuk para siswa dan diselenggarakan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada anak-anak. Selain itu, kami pun menyampaikan penjelasan mengenai hal umum seperti pelajaran Bahasa Inggris, pengenalan profesi, hingga kampanye hemat energi,” ungkap Aris lebih lanjut.

Siswa kelas satu dibimbing oleh tiga orang relawan. Mereka belajar mengenai anatomi tubuh manusia. Siswa kelas dua dibimbing oleh dua orang relawan untuk belajar bahasa Inggris. Siswa kelas tiga, dua relawan akan mengajarkan tentang "petualangan si air" yang merupakan pelajaran mengenai siklus air. Sementara itu, siswa kelas lima belajar praktik mengenai mainan yang menggunakan tenaga matahari di lapangan sekolah.

Baca Juga : Sampah Sedotan Plastik Mengancam Bumi, Berbagai Pihak Mulai Berbenah

Selain melaksanakan kegiatan mengajar, PIEP pun menyerahkan bantuan berupa tas sekolah untuk para siswa, serta sumbangan buku-buku bacaan untuk melengkapi perpustakaan sekolah yang diharapkan dapat menunjang aktivitas belajar mengajar di SDN 01 Babadan.