Sering Tidak Nyaman Ketika Duduk di Kursi Pesawat? Simak Cara Berikut

By Loretta Novelia Putri, Selasa, 25 September 2018 | 11:43 WIB
kursi pesawat membuat orang menjadi tidak nyaman (riskms)

Nationalgeographic.co.id - Pesawat memang moda transportasi pilihan bagi Anda yang menginginkan efisiensi waktu perjalanan. Namun bagi kebanyakan orang, menggunakan pesawat juga berarti menghadapai rasa tidak nyaman saat duduk—kecuali Anda menggunakan kelas utama. Apakah Anda salah satunya?

Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa tidak nyaman saat duduk di pesawat?

Baca Juga : Plastik Pembungkus Rokok Ditemukan di Dalam Tubuh Ubur-ubur

Desain kursi pesawat, terutama pada kelas ekonomi, membuat punggung penumpang melengkung seperti huruf C. Hal ini lah yang membuat penumpang menjadi tidak nyaman saat duduk di kursi pesawat.

Cara terbaik untuk meningkatkan rasa nyaman ketika duduk di kursi pesawat adalah dengan meletakkan sandaran seperti bantal untuk diletakan di antara pinggang dan kursi. Dengan cara ini, kita bisa mengurangi lengkungan "huruf C" tadi.

Namun sayangnya, tidak semua maskapai pesawat menyediakan bantal maupun selimut—untuk digulung dan dijadikan ganjalan. Sehingga alternatif lain adalah dengan menggulung jaket hingga berbentuk seperti bantal.

Selain punggung, bagian tubuh lain yang juga mengalami ketidaknyamanan selama duduk di kursi pesawat adalah leher. Leher tidak ditopang dengan baik ketika tertidur selama di kursi pesawat, hal ini kemudian dapat menyebabkan rasa sakit pada leher.

Bantal leher adalah solusi terbaik untuk masalah seperti ini. Ada baiknya pilihlah bantal leher yang bisa membungkus seluruh leher karena dengan cara tersebut, leher dapat tertopang seutuhnya saat Anda tertidur.

Baca Juga : Kertas Berubah Warna Menjadi Kuning , Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ada perbedaan besar antara pesawat terbang saat ini dengan 50 tahun yang lalu. Salah satu perbedaan utama adalah jarak kursi penumpang kelas ekonomi pada era 1968 lebih panjang sejauh lima sentimeter dibandingkan dengan kursi ekonomi pada penerbangan saat ini.

Perbedaan ini memang terjadi seiring dengan strategi bisnis dan perubahan desain pesawat. Meski begitu, produsen pesawat dan maskapai penerbangan tetap memerhatikan kenyamanan penumpang. Namun tingkat kenyamanan ini tentu berbeda satu sama lain.