Menyembuhkan Flu dengan Menaruh Bawang Merah di Kaus Kaki, Efektifkah?

By Nesa Alicia, Senin, 1 Oktober 2018 | 10:01 WIB
Irisan bawang merah. (sumnersgraphicsinc/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Pernahkah Anda diberi saran oleh keluarga atau teman dekat untuk memanfaatkan bawang merah ketika Anda sedang flu? Mereka mungkin juga mengatakan bahawa bawang merah mampu menyembuhkan Anda dari flu.

Khasiat yang diperoleh bukanlah hasil dari mengonsumsi bawang merah. Namun dengan meletakan potongan atau irisan bawang merah di telapak kaki, dan dibungkus dengan kaus kaki yang dibiarkan sepanjang malam.

Sejalan dengan itu, National Onion Association mengungkapkan bahwa dengan menaruh bawang merah di sekitar rumah, maka Anda akan terlindung dari penyakit pes—infeksi  yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis, yang ditularkan oleh hewan pengerat melalui kuku sebagai perantara.

Baca Juga : 6 Bahan Alami untuk Mengobati Flu dan Batuk

Kala itu, orang-orang percaya bahwa infeksi dapat menyebar melalui udara. Sehingga dengan meletakan bawang merah, mereka percaya dapat menghilangkan virus dan racun yang ada di udara.

Bawang merah dipilih karena bawang merah memiliki senyawa sulfur yang menimbulkan bau yang tajam. Menurut cerita, bila bawang diletakan di kaki maka senyawa ini akan masuk ke tubuh, membersihkan darah, dan membunuh bakteri serta virus.

Praktik ini dipercaya datang dari pengobatan kaki refleksiologi Tiongkok kuno. Bagi orang Tiongkok kala itu, saraf di kaki menjadi titik pusat dan titik menuju organ dalam. Selain itu, refleksi kaki juga efektif untuk mengobati semua kondisi medis.

Namun, tidak ada studi khusus untuk menilai adakah manfaat yang dirasakan dengan meletakkan bawang merah di kaus kaki maupun pada anggota tubuh lain.

Sementara itu, dalam berbagai laman internet terdapat puluhan artikel yang menganjurkan untuk melakukan pengobatan ini, tetapi artikel tersebut tidak menunjukan bukti ilmiah. Artikel yang dipublikasikan hanya sebatas artikel ringan, tanpa penelitian lebih lanjut.

Menurut Dr. Ruth MacDonald, melansir Healthline, Senin (1/10/2018), profesor Department of Food Science and Human Nutrition di Iowa State University mengatakan bahwa virus memerlukan kontak langsung dengan manusia dalam penyebarannya. Karena itu, bawang tidak dapat meresap dan menyerap virus tersebut.

Meski belum ditemukan manfaat dari praktik tersebut, boleh saja bila Anda ingin mencoba meletakan bawang merah pada kaki. Karena seperti manfaatnya, tidak ada juga laporan dan penelitian terkait bahaya yang ditimbulkan dari praktik ini.

Baca Juga : Tidur, Obat Terbaik Mengatasi Flu

Namun, akan lebih baik bila mengonsumsi bawang merah dibandingkan dengan melakukan praktik tersebut. Manfaat yang didapatkan pun lebih banyak dan sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Bawang merah memiliki manfaat yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit peradangan. Bawang juga mengandung vitamin C, yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Konsumsi bawang merah maupun bawang putih juga dapat mencegah perkembangan penyakit kardiovaskuler.