Pasca Gempa dan Tsunami di Palu, Facebook Mengaktifkan "Safety Check"

By Nesa Alicia, Selasa, 2 Oktober 2018 | 14:49 WIB
Facebook rilis Community Help (NicoElNino)

Nationalgeographic.co.id - Pencarian korban pascagempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah masih terus dilakukan. Banyak anggota keluarga dan kerabat yang sampai saat ini tidak dapat dihubungi karena listrik dan koneksi internet di sana yang belum pulih sepenuhnya.

Dilansir dari Kompas.com, menurut pantauannya, Facebook mengaktifkan Fitur Safety Check untuk gempa bumi di Donggala, Palu dan sekitarnya pada Sabtu (29/9/2018).

Hingga saat itu, Facebook mengklaim sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui fitur Community Help.

Baca Juga : Apa yang Terjadi Pada Otak dan Tubuh Ketika Kita Mengalami Homesick?

"Doa kami menyertai semua masyarakat di Palu dan Donggala yang terkena dampak dari bencana gempa dan tsunami ini," tulis pernyataan resmi Facebook.

Pemeriksaan Keselamatan atau Safety Check merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk menginformasikan kondisi pengguna dalam keadaan selamat. Selain itu, fitur ini dapat mengecek keadaan anggota keluarga atau teman setelah bencana terjadi.

Cara untuk mengecek kondisi dari teman Pengguna dapat dilihat dari tautan berikut.

Daftar teman yang berada di sekitar lokasi akan ditampilkan pada tab "All". Sementara daftar teman yang telah menandai dirinya dalam kondisi aman, ditampilkan di tab Safe di sebelah atas.

Selain itu, informasi keberadaan teman juga akan ditampilkan. Jika telah menandai dirinya dalam kondisi aman, maka teks hijau "Marked himself safe" akan ditampilkan di bawah nama. Jika belum, teks hitam "Not marked safe yet" akan ditampilkan.

Untuk mempermudah, pengguna juga bisa mengetikkan nama akun yang ingin dicari di kolom pencarian, yang berada di pojok kanan atas.

Baca Juga : Bali Peringkat 4 Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Berat di Indonesia

Jika teman belum menandai dirinya aman, bukan berarti ia dalam kondisi bahaya. Mungkin saja karena koneksi internet yang masih belum stabil karena untuk menggunakan fitur Safety Check Facebook harus mengunakan koneksi internet.

"Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat," tulis Facebook, melansir Kompas.com, Selasa (2/10/2018).

Pengguna Facebook juga dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai penggunaan  Safety Check melalui tautan ini.

Jika nama teman di daftar belum menandai dirinya aman, belum tentu juga ia dalam kondisi bahaya. Karena untuk menggunakan fitur Safety Check Facebook, dibutuhkan koneksi internet. Sementara kondisi di Palu dan Donggala dilaporkan listrik dan koneksi internet belum pulih sepenuhnya. "Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat," tulis Facebook. Pengguna Facebook juga dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai Pemeriksaan Keselamatan (Safety Check) melalui tautan berikut ini. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Donggala dan Palu, Begini Cara Mengecek Kondisi Teman Lewat Facebook", https://tekno.kompas.com/read/2018/09/30/10594447/gempa-donggala-dan-palu-begini-cara-mengecek-kondisi-teman-lewat-facebook. Editor : Reska K. Nistanto