Langka, Ular Berbisa dengan Dua Kepala Ditemukan di Amerika Serikat

By Loretta Novelia Putri, Jumat, 5 Oktober 2018 | 17:44 WIB
Ular berbisa berkepala dua ditemukan di Virginia, Amerika Serikat ()

Nationalgeographic.co.id - Seorang perempuan di negara bagian Virginia, AS, baru saja menemukan ular langka di halaman belakang rumahnya. Selain langka, ular berjenis copperhead ini memiliki dua kepala.

Inilah yang membuat ular tersebut semakin istimewa. Apalagi, jenis ular tersebut terkenal dengan bisanya yang sangat mematikan.

Penemuan ular berkepala dua ini langsung dilaporkan ke Virginia Wildlife Management and Control untuk dijemput. Sekarang, ular tersebut sudah berada dalam penanganan Departemen Satwa Liar dan Perikanan Virginia.

Baca Juga : Arsinum, Teknologi Air Siap Minum Buatan BPPT Untuk Para Korban Gempa

J.D. Kleopfer seorang spesialis di lembaga tersebut membagikan perkembangan bayi ular berkepala dua ini

"Ular ini sangat langka karena hidup mereka tidak lama. Terlalu banyak tantangan untuk dapat hidup dari hari ke hari dengan dua kepala," ucap Kleopfer.

Menurut Pusat Satwa Liar Virginia, kepala yang kiri lebih dominan -- aktif dan responsif terhadap rangsangan. Hasil radiografi mengungkapkan bahwa ular berkepala dua ini memiliki dua trakea, dua esofagus, dan dua kepala. Namun, ia hanya memiliki satu hati dan satu set paru-paru. 

Baca Juga : Lebih dari Seribu Jenazah Ditemukan di Bekas Benteng Pertahanan ISIS

Lembaga tersebut menambahkan, berdasarkan anatomi, akan lebih baik bagi jika kepala sebelah kanan juga mengonsumsi makanan. Namun, hal ini sulit dilakukan karena kepala kiri terlihat lebih dominan.

Sampai saat ini, bayi ular itu masih dalam pengawasan Kleopfer. Namun untuk selanjutnya, ia berharap dapat menyumbangkan ular langka tersebut ke fasilitas zoologi untuk keperluan pameran.