Anjing Tidak Secerdas yang Kita Kira, Menurut Sebuah Penelitian

By Loretta Novelia Putri, Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:49 WIB
Banyak orang menganggap anjing sebagai hewan yang cerdas. (Mary Wandler/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa anjing adalah hewan dengan kecerdasan di atas rata-rata. Bahkan anjing dapat dilatih untuk melakukan banyak hal yang membantu manusia. Namun, sebuah penelitian mengatakan hal yang berbeda.

Dalam sebuah studi yang diunggah di Jurnal Learning and Behavior, para peneliti menemukan bahwa anjing memiliki kemampuan kognisi yang unik, tetapi mereka tidak lebih cerdas dari hewan lain. Dalam arti lain, anjing tidak memiliki kemampuan spesial yang selama ini kita kira.

Baca Juga : Kerangka Mukawaryu di Jepang Berhasil Dirakit Untuk Pertama Kalinya

Stephen Lea, seorang peneliti utama dan emeritus, professor bidang psikologi di Universitas Exeter, yang juga mantan editor dari jurnal Animal Cognition mendapatkan inspirasi untuk melakukan studi ini setelah melihat banyak laporan mengenai kecerdasan hewan, tetapi jarang menemukan studi yang sama pada hewan lain.

Bekerja sama dengan Britta Osthaus, seorang pengajar senior psikologi di Christ Chruch University, melakukan analisis terhadap 300 studi mengenai kognisi hewan.

Dalam memulai analisis, Osthaus dan Lea membagi anjing menjadi tiga klasifikasi, yakni karnivora, pemburu sosial, dan yang sudah dijinakan oleh manusia.

Mereka juga membandingkan ketiga klasifikasi anjing dengan beberapa hewan lain, seperti serigala, hyena, kucing, lumba-lumba, simpanse, kuda nil, dan burung dara.

Seluruh spesies ini diuji atas kemampuan kognisinya, seperti kemampuan menarik informasi dari stimuli indra, kemampuan untuk menyelesaikan masalah, dan kecerdasan sosial.

Benarkah anjing tidak secerdas yang Anda kira? (blanscape/Getty Images/iStockphoto)

Hasilnya, anjing merupakan satu-satunya spesies yang mendapatkan nilai menengah untuk ketiga kategori. Osthaus berkata bahwa keunikan ini membuat mereka cocok untuk memandu orang buta atau membantu polisi.

Baca Juga : Anjing Dapat Memahami Perasaan Manusia Hanya Melalui Ekspresi

"Akan tetapi, dalam setiap kategori Anda juga akan menemukan hewan atau spesies lain yang mampu mengerjakannya sebaik anjing, atau bahkan lebih baik," ucap Osthaus.

Osthaus menduga bahwa citra anjing sebagai hewan yang pintar mungkin disebabkan oleh banyaknya studi mengenai spesies anjing ini. Selain itu, manusia juga memiliki kedekatan khusus dengan anjing yang membuat kita menjadi tidak objektif.