15 Telur Dinosaurus dari Periode Cretaceous Ditemukan di Tiongkok

By Nesa Alicia, Kamis, 11 Oktober 2018 | 10:23 WIB
Ilustrasi telur dinosaurus (junce/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Beberapa telur dinosaurus ditemukan di desa Guanyintang, Yiwu, sebuah kota di Provinsi Zhejiang Tiongkok Timur.

Telur-telur tersebut ditemukan oleh seorang pekerja konstruksi saat sedang melakukan penggalian di sekitar kota Yiwu pada hari Kamis (4/10/2018). 

Direktur dan peneliti Departemen Ilmu Bumi Museum Sejarah Nasional Zhejiang, Du Tianming mengatakan, penemuan ini dapat diidentifikasi sebagai fosil telur dinosaurus dan berasal dari periode Cretaceous, era Mesozoikum yang hidup 80 juta tahun yang lalu. 

Baca Juga : Viral Sari Buah Pisang Cair Mengandung Narkoba, Berikut Ini Faktanya

"Kami telah menemukan 15 telur dinosaurus utuh sejauh ini," kata Du, melansir SCMP, Rabu (10/10/2018). Keeskoan harinya, telur-telur tersebut dikirim ke Museum Yiwu.

Desa Guanyintang, yang terletak di persimpangan Yiwu dan Dongyang, memang terkenal dengan sejarah penemuan dinosaurus. Telur dan spesies baru dinosaurus sering ditemukan di Provinsi Zhejiang dalam beberapa tahun terakhir.

Melansir Global Times, Kamis (11/10/2018), fosil dinosaurus di Provinsi Zhejiang dikenal karena penyebarannya yang luas, spesies yang beragam, habitat ganda, dan melimpahnya spesies langka.

Baca Juga : Dua Buaya Muncul di Kali Anak Ciliwung, Salah Satunya Termasuk Jenis Langka

Banyak jejak fosil dinosaurus yang ditemukan di daerah tersebut. Pada awal September, para ilmuwan Tiongkok menemukan fragmen fosil dinosaurus di sebuah daerah di provinsi Hebei utara.

Sebelumnya, telur dinosaurus pertama kali ditemukan pada tahun 1993 di Yiwu. Selain itu, jejak kaki juga ditemukan di daerah tersebut pada tahun lalu. 5