Viral Sari Buah Pisang Cair Mengandung Narkoba, Berikut Ini Faktanya

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 10 Oktober 2018 | 16:43 WIB
Produk yang disebut sebagai sari buah mengandung narkoba. (Istimewa)

Nationalgeographic.co.id - Beberapa hari ini, aplikasi percakapan, Whatsapp tengah ramai oleh sebuah berita mengenai seorang siswa SD yang terimbas "sari buah pisang cair" dengan kandungan narkoba. Siswa SD tersebut dikabarkan lemas dengan bola mata yang mengarah ke atas.

Postingan yang tengah viral ini pun melampirkan foto produk yang dimaksud dan seorang siswa SD yang tengah duduk di antara petugas. Namun, bagaimana sebenarnya kebenaran kabar yang juga sudah tersebar di media sosial ini?

National Geographic Indonesia mencoba menelusuri kabar ini. Kami pun menemukan bahwa kemungkinan besar kabar ini pertama kali viral dalam masyarakat Mojokerto.

Baca Juga : Darling Pea, Tanaman Bak Narkoba Bagi Domba dan Hewan Ternak

Dilansir dari Berita Jatim pada hari Rabu (10/10/2018), Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiyono mengatakan bahwa kabar tersebut adalah kabar yang tidak benar.

Siswa yang terdampak. (Istimewa)

"Kabar yang beredar soal makanan atau minuman yang berindikasi adanya narkoba itu tidak benar. Yang benar itu ada jenis mainan baru berbentuk buah pisang yang didalamnya berisi cairan yang berbau harum seperti buah. Dan itu adalah bentuk mainan parfum," ungkap Sigit.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan bahwa cairan parfum tersebut tidak disemprotkan oleh siswa yang bersangkutan pada baju atau badan, melainkan disemprotkan ke dalam mulut. Siswa SD ini kemungkinan salah menduga produk berbentuk pisang ini. Ia pun bereaksi terhadap cairan tersebut.

Baca Juga : Selain Obat Terlarang, Makanan Juga Bisa Membuat Kecanduan

Sigit juga mengatakan bahwa siswa terdampak ini sudah diobati. Bahkan ia juga dapat kembali mengikuti kegiatan belajar hari itu. Meski begitu, orang tua siswa juga sudah dikabari terkait peristiwa ini.

Informasi buat rekan2 : Bagi yang punya anak TK ,SD dan SMP mohon dengan hormat di sampaikan kpd putra dan putrinya : bahwa tadi pagi ada kejadian di SDN 2 Kemantren selesai membeli sari buah pisang cair dg harga Rp2.000,- Di duga ada kandungan Narkoba A.adapun sistim cara memakainya sbb: Cairan tsb di semprotkan pada mulut B.Hasil/ reaksi minuman tsb sbb: Segar dan nikmatn selanjunya pemakai tsb menjadi lemas dan bola mata keatas Sekarang kasus tsb sedang dalam penyelidikan Polisi Gedeg. Penjualnya sudah pindah tempat dan masih jadi pencarian pihak Polsek.