Dengan Bibir Dower dan Lebar, Wanita Suku Mursi Semakin Cantik

By Nesa Alicia, Kamis, 18 Oktober 2018 | 13:43 WIB
(miroslav_1/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Tidak semua suku telah terpengaruh oleh dunia luar dan kemajuan teknologi. Bahkan beberapa suku masih mempertahankan cara hidup tradisional, salah satunya dapat kita temui di sekitar Danau Turkana dan Lembah Omo di Selatan Ethiopia. 

Di sanalah suku Surma tinggal dan hidup. Mereka terbagi menjadi tiga kelompok suku, yakni suku Mursi, suku Suri, dan suku Mekan. Suku Mursi dan Suri memiliki kesamaan dalam budaya. Kalau Anda sudah melihat foto di atas, mungkin Anda dapat menebaknya dengan baik. Ya, bagi keduanya, keindahan wanita ditentukan oleh seberapa besar bibir mereka. 

Baca Juga : Untuk Alasan Kesehatan, Jangan Abaikan Beberapa Kondisi Air Liur Anda

Wanita suku Mursi akan meletakan piring pada bibirnya. Piring tersebut biasanya terbuat dari tanah liat atau kayu dengan ukuran antara 4 hingga 25 cm. 

Sebelum piring dapat diletakan di bibir, dua atau empat gigi mereka akan dicopot. Tidak hanya itu, mereka juga akan memotong bibir bawah agar sesuai dengan ukuran piring. 

Layaknya budaya dari kebanyakan suku yang belum tersentuh, proses ini biasanya dilakukan oleh sang ibu ketika anak telah mencapai masa pubertas. Sang ibu akan menarik bibir sang anak, kemudian dilubangi hingga menembus dengan menggunakan pisau. Untuk meregangkan bibir, piring akan diletakan dan akan dibiarkan sampai potongan awal telah sembuh. Setelah itu, piring di bibir akan digantikan oleh piring lain yang sedikit lebih besar. Proses ini akan diulang sehingga bibir akan menjadi lebih besar. 

Bagi para wanita, penggunaan piring di bibir dipandang sebagai hal yang menyangkut harga diri. Tradisi ini dihargai oleh kedua orang tua karena secara tidak langsung jumlah sapi akan meningkat ketika sang anak akan menikah. 

Baca Juga : Mengapa 1 Jam Terdiri dari 60 Menit? Sejarah Ini Mungkin Jawabannya

Untuk menikahi wanita Mursi maupun Suri, seorang pria haruslah berasal dari keluarga yang kaya. Ia harus menyerahkan mas kawin berupa 40 ekor sapi bila menikahi wanita dengan untuk piring kecil di bibir, dan 60 ekor sapi untuk wanita dengan piring besar. 

Wanita suku Mursi sangat menjaga harga diri mereka, sehingga beberapa wanita akan membuat bibirnya semakin besar. Mereka juga diizinkan untuk mendesain sendiri piringnya.