Tidak Hanya Wortel, Buah Jeruk Juga Dapat Menjaga Kesehatan Mata

By Nesa Alicia, Senin, 29 Oktober 2018 | 11:17 WIB
(Alfa Studio)

Nationalgeographic.co.id - Semakin bertambahnya usia, kondisi tubuh akan semakin menurun. Begitu pula dengan kesehatan mata.

Umumnya, orang-orang berusia 60 tahun atau lebih, akan mengalami degenerasi makula, yaitu berkurangnya kemampuan mata untuk melihat.

Lebih lengkap, degenerasi makula adalah kerusakan makula yang terdapat di belakang retina. Kondisi ini membuat penderita tidak bisa melihat benda dengan jelas dan lebih fokus dalam jarak dekat maupun jauh. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka risiko kebutaan akan semakin besar. 

Untuk menghambat perkembangannya, Anda dapat menguranginya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin A seperti wortel. Ya, wortel memang dikenal sangat baik untuk mata. 

Namun, menurut sebuah studi, jeruk juga memiliki manfaat yang sama dalam menjaga kesehatan mata

Sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan, rutin mengonsumsi buah jeruk dapat menurunkan risiko degenerasi makula.

Baca Juga : Sering Mendengkur Ketika Tidur? Berikut Cara Menghentikannya

Studi tersebut dilakukan setelah mengumpulkan 2.000 orang dewasa untuk diwawancarai mengenai menu makanan setiap hari termasuk asupan buah jeruk. 

Dalam 15 tahun, hasil penelitian menunjukkan, dengan makan satu buah jeruk setiap harinya dapat mengurangi risiko degenerasi makula sebesar 60 persen. 

Ahli riset mengatakan kandungan pada buah jeruk kaya akan flavonoid, senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Meski flavonoid dapat ditemukan pada makanan lain seperti teh atau apel, tetapi periset belum menemukan adanya manfaat kedua makanan tersebut untuk kesehatan mata. 

Baca Juga : Hindari Delapan Hal Ini Agar Terhindar Dari Penyakit Diabetes

Setiap satu buah jeruk ukuran 154 gram mengandung sekitar 80 kalori, 250 miligram kalium, 14 gram gula alami, dan 3 gram serat yang setara dengan 1 gram protein.

Selain itu, buah jeruk juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, vitamin C, vitamin A, folat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, tembaga, dan asam pantotenik.

Anda juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dengan membatasi makanan tinggi lemak jenuh, tidak merokok dan mengurangi paparan sinar dari gadget Anda. Bagi Anda yang sudah berusia 65 tahun ke atas, pastikan untuk rutin periksa ke dokter mata meski tidak ada keluhan.