Tiongkok Bangun 'Ibu Kota Panda' yang Lebih Luas dari Disneyland

By Nesa Alicia, Senin, 5 November 2018 | 10:54 WIB
()

Nationalgeographic.co.id - Kota Chengdu menjadi terkenal akan bangunan-bangunan besarnya dan bandara paling sibuk di dunia. Tidak hanya itu, kota yang berada di provinsi barat daya Tiongkok juga menjadi habitat asli hewan Panda

Hampir seluruh panda yang ada di seluruh kebun binatang di dunia berasal dari penangkaran di Chengdu. Penangkaran tersebut nyatanya dapat menarik perhatian turis -- sekitar 3,5 juta orang mengunjungi tempat ini per tahunnya. 

Melihat hal tersebut, pemerintah Tiongkok berencana untuk memperluas wilayah penangkaran dan membangun 'Ibu Kota Panda'. Tempat ini rencananya akan dibangun 110 kali lebih besar dari Disneyland.

(Sasaki via Bussines Insider)

Baca Juga : Satelit Pertama untuk Mempelajari Perubahan Iklim Berhasil Diluncurkan

Untuk arsitekturnya, pemerintah Tiongkok mempercayakannya kepada perusahaan desain global, Sasaki. 

Pemerintah berharap nantinya 'Ibu Kota Panda' dapat melestarikan dan melindungi 1.800 panda raksasa yang tersisa di dunia. 

"Panda raksasa telah menjadi ikon untuk kota Chengdu. Mereka juga menjadi identitas, budaya dan ekonomi kota ini," kata Tao Zhang, pimpinan di Sasaki. 

(Sasaki via Business Insider)

Baca Juga : Lima Penemuan Brilian yang Memudahkan Traveling, Apa Sajakah?

Rencananya, dalam kawasan tersebut ada tiga tempat yang memiliki fungsi berbeda.

Longquanshan Panda Village akan menjadi pintu gerbang menuju ke seluruh area. Beihu Panda Park akan menjadi area di mana pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai hewan panda. Sedangkan Chengdu Panda Reseve akan menjadi pusat riset dan pengembangan habitat. Area ini akan dibangun secara terpisah di dataran tinggi Tibet.

Penangkaran ini diharapkan dapat menarik pengunjung lebih dari 20 juta orang tiap tahunnya.