Hari Ayah Nasional, Bagaimana Sejarah Hari Ayah di Indonesia?

By Nesa Alicia, Senin, 12 November 2018 | 16:09 WIB
Hari Ayah Nasional (ChristinLola)

Nationalgeographic.co.id - Di Indonesia, hari Ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Ini bermula ketika pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah dengan mengadakan perlombaan menulis surat untuk ibu. 

Sekitar 70 surat terbaik dibukukan dan dibacakan oleh peserta anak-anak dari berbagai tingkat pendidikan.

Tak disangka, pada akhir acara, para peserta bertanya kepada panitia penyelenggara kapan perlombaan menulis surat untuk ayah diadakan karena mereka ingin ikut kembali.

Baca Juga : Mayoritas Manusia Gunakan Tangan Kanan Untuk Beraktivitas, Mengapa?

Pertanyaan tersebut membuat para panitia mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. Menurut mereka, ayah juga merupakan sosok penting dalam keluarga. 

PPIP pun melakukan audiensi ke DPRD kota Surakarta untuk menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia. Mereka juga mencari tahu apakah boleh seseorang atau sebuah lembaga menetapkan Hari Ayah jika itu belum ada. 

Setelah melalui kajian yang panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta pada tanggal 12 November 2006. 

Deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Baca Juga : Tes DNA Berhasil Identifikasi Mumi Tertua Leluhur Suku Asli Amerika

Di hari yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, NTT. 

Pada deklarasi tersebut diluncurkan buku Kenangan untuk Ayah yang berisikan 100 surat anak Nusantara yang telah diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Setelah deklarasi selesai, mereka mengirimkan buku tersebut beserta piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Sejak saat itu, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Meski begitu, perayaan Hari Ayah berbeda-beda di setiap negara. Amerika Serikat misalnya, mereka mulai merayakan Hari Ayah sejak Juni 1910. Sementara di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, Hari Ayah diperingati setiap 19 Maret.