Sejarah Hari Diabetes Sedunia, Siapa yang Memperkenalkannya?

By Nesa Alicia, Rabu, 14 November 2018 | 17:30 WIB
Hari Diabetes Sedunia (Kateryna Novikova)

Nationalgeographic.co.id - Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya. Penetapan hari tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang diabetes. 

Hari Diabetes Sedunia awalnya diperkenalkan oleh World Health Organization (WHO) dan International Diabetes Federation (IDF). Kampanye dilakukan di tengah-tengah kekhawatiran masyarakat atas meningkatnya penderita diabetes.

Baca Juga : Sampah Plastik Semakin Banyak, Singkong Bisa Menjadi Solusinya

Tanggal 14 November dipilih sebagai Hari Diabetes Sedunia karena itu merupakan hari lahir Frederick Banting, si penemu insulin. 

Kemudian, Hari Diabetes Sedunia diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan kini telah diakui di seluruh dunia.

Setiap tahun, Hari Diabetes Sedunia, yang dikoordinasi oleh International Diabetes Federation (IDF), akan menentukan tema tertentu. Pada tahun 2017 lalu, tema yang diusung adalah 'Perempuan dan Diabetes, Hak Untuk Masa Depan yang Sehat'. 

Baca Juga : Tikus Berkontribusi Pada Kerusakan Terumbu Karang, Mengapa Begitu?

Untuk tahun ini, tema Hari Diabetes Sedunia 2018 adalah Keluarga dan Diabetes. Tujuan tema tersebut adalah meningkatkan kesadaran terhadap dampak diabetes kepada keluarga dan kerabat mereka yang terkena penyakit tersebut.

Pada perayaan Hari Diabetes Sedunia, akan dilakukan berbagai kegiatan. Mulai dari kampanye, ceramah, seminar, pameran, dan masih banyak lagi.

Berbagai aktivitas yang dilakukan pada Hari Diabetes Sedunia terbukti efektif dalam menyebarkan pesan tentang diabetes dan meningkatkan kesadaran akan bahaya dari kondisi tersebut.