Follow Us

Lagi, Turis Asing di Bali Dideportasi Akibat Berulah Bikin Pesta Saat Pandemi dan Buang Motor ke Laut

None - Minggu, 24 Januari 2021 | 17:29
Unggahan Sergei Kosenko yang melakukan aksi menceburkan diri ke laur dengan motornya.
Instagram

Unggahan Sergei Kosenko yang melakukan aksi menceburkan diri ke laur dengan motornya.

HAI-Online.com - Pendeportasian terhadap turis asing kembali terjadi di Pulau Bali akibat ulah yang ia lakukan sendiri.

Kali ini Sergei Kosenko, warga asal Rusia yang harus dipulangkan ke negara asalnya.

Pendeportasian ini menyusul tindakan yang dilakukan Sergei yang dengan sengaja menceburkan diri ke laut bersama sepeda motornya di Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem, Bali, Desember 2020 silam.

"Sergei Kosenko dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian dan penangkalan sebagaimana diatur dalam Pasal 75 Ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk di Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Bali, Minggu (24/1/2021), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kristen Gray dan Pasangannya Dideportasi ke Amerika:

Aksi berbahaya tersebut kemudian diunggah di akun Kosenko, @sergey_konsenko. Akun miliknya tersebut saat ini memiliki 4,9 juta pengikut dan bahkan udah mendapat centang biru dari Instagram.

Jamaruli mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap data perlintasan pria tersebut. Ia diketahui masuk ke Wilayah Indonesia pada 31 Oktober 2020 melalui TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno Hatta dengan menggunakan visa kunjungan.

Adapun izin tinggal kunjungannya berlaku sampai 29 Desember 2020 dan telah diperpanjang sampai 28 Januari 2021. Di data keimigrasian, ia tercatat tinggal di Jalan Siligita, Nusa Dua, Badung.

Meski begitu, Kosenko mengaku nggak pernah mengetahui dan nggak pernah tinggal di alamat tersebut.

Sergei saat diperiksa mengaku menyewa sebuah vila pribadi di daerah Berawa, Canggu dan pernah berpindah-pindah menginap di beberapa tempat di Bali dan Lombok. Terakhir, Sergei tinggal di sebuah hotel di Seminyak, Badung, Bali.

Selain membuat video berbahaya, Sergei juga diketahui membuat ulah dengan mengadakan pesta tanpa memperhatikan protokol kesehatan di daerah Badung dan diunggah di akun Instagramnya, pada Senin (11/1/2021).

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest