Follow Us

12 Fakta tentang Planet Mars yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

- Kamis, 15 Juni 2017 | 12:29
Mars
Hai Online

Mars

Rahasia tentang kehidupan alam semesta emang nggak ada habisnya untuk di bahas, termasuk soal “kehidupan lain” yang ada di luar Bumi.

Nah, selama beberapa dekade terakhir, manusia telah mengirimkan puluhan penyelidikan dan satelit ke planet Mars.

Seperti yang HAI kutip dari Kompas.com, berbagai foto yang dikirimkan dari planet tersebut telah menghidupkan imajinasi kita, menginspirasi film fiksi ilmiah seperti The Martian, dan memberi CEO SpaceX, Elon Musk, ide untuk mengoloni planet merah tersebut.

Biar nggak makin penasaran, berikut ini adalah 12 fakta menarik tentang Mars yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Luas permukaan

Dengan angka 55.742.1065 mil persegi, luas permukaan daratan Mars hampir serupa dengan bumi yang mencapai 57.308.757 mil persegi. Akan tetapi, angka ini belum melibatkan 70 persen permukaan Bumi yang diselimuti air.

2. Temperatur udara

Rata-rata temperatur udara di Mars adalah -63 derajat Celsius, sekitar 77 derajat Celsius lebih dingin dibandingkan Bumi. Dengan suhu tersebut, manusia akan mati membeku dalam waktu kurang dari dua jam.

3. Atmosfer

Atmosfer yang dimiliki Mars 61 kali lipat lebih tipis dibandingkan Bumi. Kandungan gas yang menutupi Mars juga hampir seluruhnya terdiri dari karbon dioksida. Padahal, karbon dioksida hanya mencakup 0,04 persen dari atmosfer bumi.

Tanahnya Subur, Nggak, Yha?

4. Jurang Valles Marineris

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Latest