Follow Us

Varian Baru Virus Corona B.1.1.7 asal Inggris sudah Masuk Indonesia, Dibanding yang Lama Mana Lebih Mematikan?

Kontributor 01 - Jumat, 19 Maret 2021 | 16:35
Mutasi Virus Corona B.1.1.7
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo

Mutasi Virus Corona B.1.1.7

IDEAOnline-Varian virus corona B.1.1.7 yang mutasi pertamanya ditemukan di Inggris telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dalam sebuah studi menunjukkan bahwa varian ini lebih mematikan.

Tingkat kematian karena Covid-19 dari infeksi strain baru virus corona ini lebih tinggi.

Saat pertama kali teridentifikasi pada akhir tahun 2020, varian B.1.1.7 ini membuat pemerintah setempat menerapkan lockdown kota London, guna mencegah penyebaran mutasi virus corona baru tersebut.

Baca Juga: 10 Trik Mengecat Tembok untuk Sambut Bulan Puasa, Bak di Pinterest!

Namun, ternyata strain baru dari virus corona SARS-CoV-2 asal Inggris mengalami mutasi yang membuatnya menjadi lebih menular dari strain aslinya.

Dilansir dari Reuters, Kamis (11/3/2021), studi baru menemukan 30 persen dan 100 persen dari varian virus corona B.1.1.7 Inggris lebih mematikan daripada varian dominan sebelumnya.

Dalam sebuah studi, peneliti membandingkan tingkat kematian di antara orang-orang di Inggris yang terinfeksi oleh varian baru SARS-CoV-2, B.1.1.7, terhadap pasien Covid-19 yang terinfeksi varian lain dari virus corona penyebab Covid-19.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ternyata varian virus corona Inggris, B.1.1.7 menunjukkan angka kematian yang secara signifikan lebih tinggi.

Varian B.1.1.7 pertama kalinya terdeteksi di Inggris pada September 2020.

Sejak itu, sudah lebih dari 100 negara yang melaporkan munculnya varian tersebut di negara mereka, termasuk yang belum lama ini ditemukan di Indonesia.

Varian Covid-19 Inggris ini memiliki sedikitnya 23 mutasi dalam kode genetiknya.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest